Beberapa Item di Rumah Menjadi Penyebab Koneksi WiFi yang Lambat

Beberapa Item di Rumah Menjadi Penyebab Koneksi WiFi yang Lambat

Beberapa Item di Rumah Menjadi Penyebab Koneksi WiFi yang Lambat – Wi-Fi  adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Wi-Fi Alliance mendefinisikan Wi-Fi sebagai “produk jaringan area lokal nirkabel (WLAN) apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11”.

Meski begitu, karena kebanyakan WLAN zaman sekarang didasarkan pada standar tersebut, istilah “Wi-Fi” dipakai dalam bahasa Inggris umum sebagai sinonim “WLAN”. Internet nirkabel adalah salah satu penemuan terbesar dalam bidang teknologi. Ini memungkinkan kita semua memiliki kebebasan untuk mengakses internet dari mana saja, baik rumah, kantor, atau tempat umum.

Namun, semua perangkat konektivitas nirkabel rentan terhadap gangguan nirkabel, termasuk WiFi. Kadang-kadang, gangguan ini disebabkan oleh idn poker mobile pengaturan router atau layanan buruk yang di tawarkan oleh perusahaan penyedia layanan. Akan tetapi, sering kali masalah koneksi WiFi di sebabkan karena item tertentu yang ada di dalam rumah.

1. Kulkas dan mesin cuci
Wajib Tahu, Ini 5 Benda di Rumah yang Bikin Koneksi WiFi Lambat

Secara umum, peralatan listrik yang di sana terdapat pipa yang mengalirkan air, seperti kulkas dan mesin cuci, bisa berdampak negatif pada sinyal WiFi. Air bisa menyerap sebagian energi dari gelombang nirkabel yang berimbas pada terganggunya koneksi internet.

Partikel di dalam air juga dapat menjadi penghantar listrik, yang artinya bisa menyerap sinyal WiFi. Selain itu, air memantulkan dan membiaskan gelombang suara, sehingga butuh waktu lebih lama untuk perangkat dan router nirkabel agar terhubung.

2. Microwave
Wajib Tahu, Ini 5 Benda di Rumah yang Bikin Koneksi WiFi Lambat

Microwave dapat memicu gangguan pada jaringan WiFi, masalah yang lebih umum terjadi pada router lama. Ini lantaran microwave beroperasi pada frekuensi 2,45GHz, sangat dekat dengan pita Wi-Fi 2,4GHz.

Pita Wi-Fi 2,4GHz sebenarnya mengudara antara 2.412GHz dan 2.472GHz, jadi ada kalanya frekuensi microwave dapat tumpang tindih dengan frekuensi Wi-Fi. Saat hal tersebut terjadi, data yang ditransfer akan terganggu.

3. Cermin
Wajib Tahu, Ini 5 Benda di Rumah yang Bikin Koneksi WiFi Lambat

Cermin yang memungkinkan kita melihat pantulan diri kita ternyata juga memantulkan sinyal yang dikeluarkan oleh router. Sebagai akibatnya, adanya cermin di sekitar router WiFi membuat koneksi internet terpental.

Ketika router dan cermin berada dalam jarak yang dekat, itu bisa membuat kekuatan sinyal WiFi terasa lebih lambat dan tidak stabil. Karena alasan ini, pastikan kamu tidak meletakkan router WiFi di dekat cermin.

4. Dinding
Wajib Tahu, Ini 5 Benda di Rumah yang Bikin Koneksi WiFi Lambat

Dinding dari bahan tertentu dapat mengganggu sinyal WiFi. Beberapa bahan dinding yang paling mengganggu jaringan WiFi adalah beton, plester, bata, marmer, dan semen.

Karena alasan ini, koneksi internet di rumah dua lantai biasanya sangat lemah di salah satu lantai. Untuk mengatasi masalah ini, taruh router di tempat yang luas dan terbuka serta jauh dari dinding.

5. Logam
Wajib Tahu, Ini 5 Benda di Rumah yang Bikin Koneksi WiFi Lambat

Logam merupakan konduktor, yang artinya logam bersifat menyerap listrik. WiFi memancarkan gelombang elektromagnetik, sehingga adanya permukaan atau benda apa pun yang terbuat dari logam di sekitar router akan menghalangi gelombang menyebar.

Agar koneksi internet di rumah bekerja dengan baik tanpa masalah, kamu perlu menempatkan router jauh dari logam. Pastikan juga tidak ada objek logam berukuran besar yang menghalangi router.

Jika selama ini kamu sering mengeluhkan koneksi WiFi di rumahmu yang tidak lancar, cek lagi mungkin ini di sebabkan oleh router yang berada di dekat benda-benda di atas.

Sebuah alat yang dapat memakai Wi-Fi (seperti komputer pribadi, konsol permainan video, telepon pintar, tablet, atau pemutar audio digital) dapat terhubung dengan sumber jaringan seperti Internet melalui sebuah titik akses jaringan nirkabel.

Titik akses (atau hotspot) seperti itu mempunyai jangkauan sekitar 20 meter (65 kaki) di dalam ruangan dan lebih luas lagi di luar ruangan. Cakupan hotspot dapat mencakup wilayah seluas kamar dengan dinding yang memblokir gelombang radio atau beberapa mil persegi — ini bisa di lakukan dengan memakai beberapa titik akses yang saling tumpang tindih.