Berikut Lima Aplikasi Edukasi Kesehatan Ibu dan Anak

 Berikut Lima Aplikasi Edukasi Kesehatan Ibu dan Anak

Berikut Lima Aplikasi Edukasi Kesehatan Ibu dan Anak – Pendidikan kesehatan adalah profesi yang mendidik masyarakat tentang kesehatan dengan pemaparan informasi yang diberikan diserta dengan media yang menunjang untuk proses penerimaan pendidikan yang di sampaikan. Peran ibu sangat mulia bagi anak-anaknya. Ia mengandungnya dengan bersusah payah, melahirkannya penuh perjuangan, menyusui, membesarkan, dan mendidiknya dengan kasih sayang hingga si anak dewasa.

Wilayah di dalam profesi ini meliputi kesehatan lingkungan, kesehatan fisik, kesehatan sosial, kesehatan emosional, kesehatan intelektual, dan kesehatan rohani. Meski menjadi ibu adalah kodrat bagi perempuan, tetapi sesungguhnya tidaklah gampang untuk bisa menjadi ibu yang berhasil.

Masa penting tersebut tentunya akan lebih mudah dilalui jika didampingi oleh media edukasi yang mumpuni. Bagi para calon ibu dan ibu yang memiliki anak balita, juga para suami dan calon suami, ketahuilah bahwa saat ini tersedia cukup banyak aplikasi mobile berbasis Android.

Berikut dirangkum dari idn poker android ini adalah lima aplikasi edukasi kesehatan ibu dan anak berbahasa Indonesia yang telah di unduh oleh lebih dari sepuluh ribu pengguna Android.

1. Diary Bunda
Jadi Ibu Pintar, Inilah 5 Aplikasi Edukasi Kesehatan Ibu dan Anak

Diary Bunda diperuntukkan bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, masa hamil, ataupun yang melakukan perawatan bayi dan anak.

Saat ini, aplikasi Dairy Bunda sudah di unduh oleh lebih dari 100.000 kali. Pembaruan terakhir aplikasi di Google Play, tanggal 24 Oktober 2020 sudah sampai versi 2. Dari 2.837 review yang masuk, aplikasi ini mendapat rating 4,6 dari 5.

2. HalloBumil
Jadi Ibu Pintar, Inilah 5 Aplikasi Edukasi Kesehatan Ibu dan Anak

HalloBumil adalah aplikasi interaktif untuk mendampingi ibu melewati masa persiapan kehamilan, kehamilan, dan tumbuh kembang anak. Fitur aplikasi ini termasuk cukup banyak.

Ada Kalender Kesuburan untuk memperkirakan masa subur dalam persiapan kehamilan. Ada pula Timeline Kehamilan yang memberikan informasi yang sesuai usia kehamilan. Selain itu, ada juga Kuis Depresi Masa Nifas untuk menilai seberapa jauh kesehatan psikologis saat setelah persalinan. Fitur Timeline Perkembangan anak juga tersedia, di lengkapi tracker pertumbuhan mencatat dan memantau perkembangan berat badan, panjang atau tinggi badan, dan lingkar kepala selama masa perkembangan anak. Pengguna juga bisa berbincang dengan tim ahli kesehatan ibu dan anak.

Aplikasi HalloBumil sudah di unduh oleh lebih dari satu juta kali. Saat ini sudah sampai pada versi 2 dengan pembaruan terakhir tanggal 16 Desember 2020. Review yang sudah masuk sebanyak 13.283 dan aplikasi ini mendapat rating yang sangat baik, yaitu 4,5 dari 5.

3. Teman Bumil
Jadi Ibu Pintar, Inilah 5 Aplikasi Edukasi Kesehatan Ibu dan Anak

Aplikasi Teman Bumil di rancang untuk menjadi teman bagi ibu dalam setiap fase, yaitu program hamil, kehamilan, hingga parenting dan merawat si Kecil.

Fitur Rekam Medis berfungsi untuk menyimpan data ibu dan anak. Fitur ini memudahkan meninjau pertumbuhan janin serta tumbuh kembang anak setiap bulannya. Aplikasi ini juga di lengkapi dengan konten untuk memantau tumbuh kembang anak hingga 5 tahun.

Teman Bumil di dedikasikan sebagai “Teman Ibu Milenial”. Aplikasi Teman Bumil juga sudah di unduh oleh lebih dari satu juta kali. Saat ini sudah sampai pada versi 2 dengan update terakhir tanggal 8 Desember 2020. Dari review yang sudah masuk sebanyak 16.842, aplikasi ini mendapat rating 4,5 dari 5.

4. PrimaKu
Jadi Ibu Pintar, Inilah 5 Aplikasi Edukasi Kesehatan Ibu dan Anak

Berbeda dengan tiga aplikasi sebelumnya, aplikasi ini hanya terkait ekukasi kesehatan anak. PrimaKu dapat mempermudah orang tua dalam memantau tumbuh kembang anak sejak dini secara berkala dan berkelanjutan.

Aplikasi PrimaKu sudah di unduh oleh lebih dari seratus ribu kali. Saat ini sudah sampai pada versi 1.1.2 dengan update terakhir tanggal 14 Februari 2019. Sepertinya kurang rutin pembaharuannya. Dari review yang sudah masuk sebanyak 1.074, aplikasi ini mendapat rating 4,4 dari 5.

5. KMS Balita dan Bunda
Jadi Ibu Pintar, Inilah 5 Aplikasi Edukasi Kesehatan Ibu dan Anak

Aplikasi kartu menuju sehat (KMS) memudahkan ibu ataupun keluarga untuk memantau status tumbuh perkembangan balita usia 0 hingga 60 bulan atau 5 tahun.

Terdapat fitur utama pelacak aktivitas, rincian dan log aktivitas balita. Sejumlah fitur yang di miliki dan istilah yang di gunakan masih terkesan “teknis medis”. Misalnya fitur Status Antropometri (metode yang di gunakan untuk menilai ukuran, proporsi, dan komposisi tubuh manusia) untuk menentukan status gizi balita, dan menentukan makrosefali ataupun mikrosefali pada balita.

Fitur Momen untuk merekam momen penting balita dan ibunya. Fitur Minggu Ajaib mencatat aktivitas dan melihat lompatan pertumbuhan bayi. Aplikasi juga di lengkapi dengan pengingat aktivitas yang ingin di lakukan pada waktu mendatang.

Aplikasi KMS Balita dan Bunda ini sudah di unduh lebih dari sepuluh ribu kali. Saat ini sudah sampai pada versi 2 dengan update terakhir tanggal 15 Oktober 2020. Dari review yang sudah masuk sebanyak 128, aplikasi ini mendapat rating 4,3 dari 5.