Bisnis UKM yang Menguntungkan Untuk Masa Depan

Bisnis UKM yang Menguntungkan – Bisnis UKM menjadi bisnis yang memiliki kemampuan tinggi dalam beradaptasi. Tidak heran jika kemudian bisnis UKM dianggap sebagai penyelamat dalam krisis ekonomi, seperti saat pandemi ini. Namun, untuk bisa beradaptasi, bisnis UKM tidak bisa sendiri, dibutuhkan kemampuan, kemauan, bantuan, dan kerja keras.

Salah satu hal yang dibutuhkan bisnis UKM untuk bertahan, berkembang, dan beradaptasi adalah kreativitas, semangat, dan tambahan modal. Di tengah pandemi, jangan pernah kehilangan akal untuk selalu kreatif, terutama dalam mencari tambahan penghasilan. Walau keadaan sulit, banyak ide bisnis UKM yang bisa kulik.

Ada beberapa ide bisnis UKM yang bisa kamu coba untuk menambah pendapatan. Ini beberapa antaranya:

1. Bisnis UKM Bidang Makanan

Bisnis UKM bidang makanan memiliki prospek menguntungkan (Foto:123rf.com) 
Bisnis UKM bidang makanan memiliki prospek menguntungkan (Foto:123rf.com)

Usaha makanan menjadi bisnis UKM yang bakal terus ada dan berkembang. Potensi keuntungan yang cukup tinggi menjadikan bisnis makanan menjadi bisnis yang paling minati. Apalagi makanan adalah kebutuhan mendasar setiap manusia dan pastinya bisa disesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Jika kamu memiliki kemampuan memasak atas rata-rata, atau memiliki passion dan semangat untuk tidak pernah berhenti berinovasi, maka bisnis makanan cocok untuk kamu jalani. Apalagi saat ini sudah ada aplikasi pengantaran makanan, seperti GoFood, GrabFood, dan Shopee Food, sehingga bisnis makanan bisa kelola dari rumah.

2. Bisnis UKM Bidang Kreatif

Bisnis UKM bidang kreatif memiliki prospek menguntungkan (Foto:123rf.com) 
Bisnis UKM bidang kreatif memiliki prospek menguntungkan (Foto:123rf.com)

Jika kamu pintar membuat suatu hal yang biasa menjadi lebih menarik, bisnis UKM bidang kreatif bisa jadi awal kamu go international loh! Contohnya adalah tas dari plastik bekas yang bisa kamu ubah jadi lebih menarik dan memiliki banyak manfaat.  Tidak heran jika bisnis UKM bidang kreatif memiliki potensi yang tidak terbatas.

3. Bisnis UKM Bidang Fashion

Seperti makanan, bidang fashion juga tidak akan pernah berhenti. Apalagi dengan adanya inovasi dan perkembangan yang sangat pesat bisnis ini akan selalu ada karena pakaian adalah kebutuhan utama. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa hanya menjadi reseller produk atau dropshipper. Namun untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar kamu bisa memproduksi langsung barang yang akan kamu jual.

4. Bisnis UKM Bidang Otomotif

Bisnis UKM bidang otomotif memiliki prospek menguntungkan (Foto:123rf.com) 
Bisnis UKM bidang otomotif memiliki prospek menguntungkan (Foto:123rf.com)

Diam-diam bisnis bidang otomotif perbengkelan ini omzet nya bisa puluhan juta loh perbulannya. Kamu bisa memulai bisnis bengkel dan onderdl dari hal kecil seperti jualan aksesoris mobil atau motor.

5. Bisnis UKM Bidang Pertanian

Bisnis UKM bidang pertanian memiliki prospek menguntungkan (Foto:123rf.com) 
Bisnis UKM bidang pertanian cocok untuk kamu yang tinggal  daerah penghasil bahan baku pertanian. Kamu bisa mulai membeli hasil panen desa, membawa ke kota, dan membuka pasar sendiri.

Tidak hanya bahan makanan pokok seperti beras, kamu juga bisa membawa dan menjual produk pertanian lain dari desa ke kota. Kamu bisa mengambil keuntungan yang wajar sehingga jualan kamu akan mendapatkan pasar tersendiri. Dengan bisnis UKM ini, cuan pasti menanti!

Seperti dibilang tadi  atas, untuk mengembangkan bisnis, selain kemauan, kemampuan, dan kerja keras, kamu juga butuh sumber daya. Salah satunya adalah sumber daya keuangan berupa modal. Dengan Buka Modal, tanpa agunan kamu bisa dapatkan tambahan modal secara cepat tangan. Prosesnya juga mudah karena bisa lakukan dari rumah. Selain itu, Buka Modal juga aman karena seluruh partnernya terdaftar dan awasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).