Cara Melakukan Servis Overhand

Cara Melakukan Servis Overhand dalam Permainan Voli.Kita tentu dulu memandang seseorang melaksanakan overhand serve dengan terlalu lancar. Selain merupakan tipe servis yang mempunyai banyak fungsi, overhand serve terhitung memadai sulit dilakukan. Dalam melaksanakan overhand serve diperlukan koordinasi, timing, dan kekuatan. Karena tingkat kesulitannya yang tinggi, Anda perlu menguasai underhand serve terlebih dahulu sebelum saat mempelajari overhand serve. Walaupun tidak sampai tampak mahir, Anda dapat meningkatkan akurasi, kecepatan, kapabilitas servis Anda. yang telah kita rangkum dalam edno23

Disupport oleh IDN Poker77 Apk

Lemaskan kaki Anda. Berdirilah bersama kaki terbuka selebar bahu.

3 Cara untuk Melakukan Servis Overhand dalam Permainan Voli

Tempatkan kaki yang berlawanan bersama tangan untuk memukul depan kaki yang lain. Bahu dan pinggul Anda harus lurus bersama net. Pastikan ke-2 lutut Anda ditekuk. Berat badan harus bergantung dkaki belakang Anda.
Postur tubuh server sangat penting dalam melaksanakan servis. Kekuatan yang dgunakan dalam melaksanakan servis bukan berasal dari tubuh bagian atas, melainkan dari kaki. Servis yang kuat dhasilkan dari perpindahan berat badan yang baik dari kaki belakang ke kaki depan. Memperoleh postur awal yang kuat sangat penting dalam melaksanakan servis yang kuat.

Peganglah bola di depanmu.

Tempatkan tangan non-dominan pas depan Anda, lurus tapi jaga siku selamanya fleksibel. Telapak tangan menghadap ke atas bersama bola atasnya.
Anda terhitung bisa letakkan tangan pemukul  atas bola.

Siapkan tangan pemukul Anda.

Ayunkan lengan pemukul Anda ke belakang sampai berada sisi kepala. Pastikan siku Anda menghadap ke atas dan telapak tangan berada dekat telinga. Tubuh Anda dapat terbuka bersama dengan sikap ini.

Lemparkan bola ke udara.

Angkat bola dengan tangan lebih kurang 45-90 cm  udara. Jagalah bola senantiasa lurus dengan bahu pemukul Anda dan selangkah  depan badan Anda sehingga Anda dapat melangkah kala laksanakan servis. Tangan pemukul Anda membentuk sudut 90 derajat belakang badan Anda. Ingat, pukullah bola pas sehabis bola beralih arah dan menjadi jatuh ke bawah.
Jangan melempar bola sangat tinggi, rendah, atau jauh. Bola dapat terpaksa wajib Anda kejar dan hasilnya adalah servis yang jelek.
Tangan pemukul boleh persiapkan selagi bola lempar, dan bukan sebelumnya.

Bidik servis Anda menggunakan badan.

Sebagian besar kekuatan servis datang dari perpindahan berat badan dari kaki belakang ke kaki depan. Untuk melakukannya, pastikan posisi awal servis sudah tepat. Tambahkan momentum dengan melangkah ke depan saat serve dengan kaki dominan Anda. Dan pindahkan berat badan ke depan untuk menghasilkan servis yang kuat. 

  • Bola akan terpukul mengarah ke mana tangan dan jari-jari kaki Anda menghadap, jadi bidklah arah servis dengan tangan dan jari-jari kaki Anda.

Pukul bola dengan pangkal telapak tangan dominan Anda.

Bawalah tangan dominan Anda ke depan dengan siku. Hantamlah bola dengan pangkal telapak tangan pemukul Anda Jangan pukul bola dengan jari atau tinju. Pastikan tangan pemukul Anda agak miring ke atas agar bola bisa terbawa melewati net. Bidiklah bagian tengah bola untuk memperoleh lintasan bola terlurus.] Hentikan gerakan tangan saat bola telah terpukul.

  • Perhatikan putaran bola. Jika bola melintir ke samping atau belakang, berarti pukulan Anda meleset dari tengah bola.
  • Dimulai dari bahu, ayunlah pukulan dengan cepat.

Segera ambil posisi.

Setelah memukul bola, gunakan momentum untuk berlari ke posisi bertahan Anda.

Nah ini lah rangkuman yang bisa kita kasih kepada pembaca setia dari edno23 semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yaaa