Cara Menjadi Penulis

Cara Menjadi Penulis.Penulis menjadi salah satu profesi yang banyak didambakan sejak dulu. Kini seiring perkembangan zaman, titel penulis tak hanya disematkan pada mereka yang menulis buku atau novel saja, namun juga penulis lepas (freelance) online, penulis naskah untuk media ataupun film. Tidak banyak orang yang tahu bahwa cara menjadi penulis sebenarnya hanya butuh dua hal, yakni konsisten dan niat. Ditambah dengan berbagai strategi dan tips, kamu akan bisa lebih berhasil di bidang ini. yang telah kita rangkum dalam edno23.com

Disupport oleh IDN Poker77 Apk

Cara Menjadi Penulis yang Sukses

Cara Menjadi Penulis yang Sukses

Menulis umumnya digunakan sebagai media untuk menuangkan ide, hasil penelitian, atau bahan perasaan. Namun, bisa juga penulis mengalami writer’s block, yakni merasa buntu dan kesulitan untuk mengekspresikan apapun dalam tulisan. Menjadi penulis yang sukses tentunya butuh proses dan juga kemauan usaha untuk terus berkembang dan belajar dalam bidang tersebut, bisa dcoba dengan tips-tips ini.

1. Banyak Membaca Karya Penulis Ternama

Menulis tidak akan lengkap dengan membaca, sebab rajin membaca adalah modal dan faktor penting untuk jad seorang penulis yang handal. Dengan membaca, wawasan dan pengetahuan kita akan dunia tulis-menulis akan terus bertambah, dan kamu akan semakin mudah untuk menyampaikan pikiran. Membaca akan menambah dan membukakan pikiran kita terhadap ide-ide baru. Cara yang baik untuk tetap rajin membaca agar menjad penulis yang handal adalah membiasakan untuk membaca buku dari penulis berbeda, setidaknya 3 buku setiap minggunya.

2. Selalu Mau Belajar

Rahasia jadi seorang penulis yang hebat adalah tidak pernah berhenti belajar. Belajar membantu kamu untuk mempelajari kosakata dan hal yang baru setiap harinya, sehingga perbendaharaan literasi kamu semakin bertambah. Dengan begitu, topik yang akan kamu tulis juga akan menjadi lebih kaya dan seiring waktu dapat meningkatkan kualitas penulisan serta sudut pandang penceritaan. Jangan keburu puas ketika kamu sudah menulis cukup baik, tanamkan dalam pikiranmu bahwa kamu haus ilmu. Sebab, menulis bukanlah pekerjaan yang ringan, ibarat kata menyelesaikan sebuah tulisan mirip dengan lari maraton.

3. Banyak Berlatih Menulis Sejak Dini

Semua hal yang kuasai pastinya sudah dlatih terlebih dahulu sebelumnya. Begitu pula jika kamu ingin menjadi penulis sukses, maka kamu harus mulai banyak berlatih menulis sejak awal. Seperti ungkapan “Practice Makes Perfect”, rutin melatih dri kita untuk menulis akan membuat tulisan kita jauh lebih baik. Mulailah menulis dari sekarang dan konsisten untuk melakukannya setiap hari. Tidak perlu memikirkan apakah tulisan kamu bagus atau tidak, karena untuk bisa  bagus kamu memerlukan proses. Cukup tulis apa yang ingin kamu tulis, bagaimana cara kita bisa mengkomunikasikan gagasan melalui tulisan tersebut dan terus berlatih. Kamu bisa mencoba menulis  dary, blog, atau jika sudah cukup percaya dri coba kirimkan ke media massa.

4. Catat Ide-ide yang Dimiliki

Ide bisa datang kapan saja dan di mana saja. Agar tidak hilang, segera tulis semua ide tersebut. Kamu bisa memanfaatkan buku catatan yang bisa kamu bawa ke mana saja atau catatan ponsel. Tulis ide tersebut sebelum lenyap, nantinya kamu akan bisa melihat kembali apa yang sudah kamu tulis dan kemajuan apa yang sudah kamu dapatkan. Blog juga bisa menjadi cara efektif untuk menyimpan ide-idemu.

5. Perbanyak Koneksi di Industri Kepenulisan

Manfaatkanlah media sosial untuk mencari dan memperbanyak koneksi di industri kepenulisan. Kamu bisa melakukannya dengan cara menjadi penulis magang di suatu perusahaan penerbit buku, atau menjadi asisten edtor maupun penulis buku favoritmu. Dari sini kamu bisa mendapatkan koneksi yang kamu butuhkan suatu hari jika kamu ingin mencoba menerbitkan bukumu sendiri.

Ini lah rangkuman bagaimana kamu bisa jadi Penulis terkenal. Semoga rangkuman ini dapat berguna untuk kalian semua . Dan jangan lupa membaca rangkuman artikel lainnya yang  berada di edno23.com