Hal yang Harus Diketahui tentang Fotografi Portrait

Hal yang Harus Diketahui tentang Fotografi Portrait – Fotografi portrait sekilas terlihat mudah untuk dilakukan. Fokus fotonya hanya satu dan dengan jarak yang masih sangat terjangkau. Namun, pernakah kamu sadari foto portrait para profesional biasanya jauh lebih bagus daripada hasil foto portrait kamu sendiri? Perlu diketahui, fotografi portrait jauh dari sekadar mengetahui cara untuk memfoto orang-orang. Yang telah kita rangkum dalam edno23.com

Hal yang paling utama kamu butuhkan adalah kamera dan juga lensa yang memadai. Sekarang coba ketahui lima tentang fotografi portrait berikut ini.

1. Memahami subjek foto

Mengenal dan memahami subjek foto adalah hal penting yang harus lakukan. Subjeknya bukanlah sebuah benda mati, tapi orang yang memiliki kemampuan ekspresi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, ada baiknya kamu bertemu dengan modelnya untuk berdiskusi tentang sesi foto yang akan lakukan.

Inilah saat yang tepat untuk mengeluarkan semua ide-ide yang ingin lakukan agar ide-ide tersebut sejalan dengan apa yang dimiliki dari si model. Ditambah lagi, dengan cara ini akan membuat keduanya merasa nyaman satu sama lain, sebuah faktor terpenting dari sebuah sesi foto portrait yang sukses

2. Tinjau lokasi foto

Ini juga hal penting yang harus lakukan. Entah melakukannya  dalam studio atau pun luar ruangan, meninjau lokasi foto sangat penting untuk lakukan. Jika ingin melakukannya  dalam studio, perhatikan sumber cahaya yang tersedia di sana. Cek perlengkapan pencahayaan yang ada dalam studio dan hal-hal lainnya yang perlu dilakukan.

Jika melakukannya  luar ruang, kamu perlu memerhatikan perubahan cahaya yang terjadi lokasi, terutama rotasi cahaya matahari untuk mendapatkan sumber cahaya yang bagus. Waktu terbaik untuk melakukan sesi foto luar ruang adalah saat pagi hari dan sore hari menjelang matahari terbenam. Cahaya matahari yang keras saat siang hari akan menghasilkan bayangan yang keras dan model pun kesulitan untuk berekspresi mata.

3. Ketahui kamera yang akan digunakan

Beradaptasi dengan kamera juga perlu lakukan. Apalagi jika kamu menggunakan kamera yang tidak biasa gunakan. DSLR, mirrorless, dan kamera film adalah pilihan terbaik bagi fotografer pemula atau pun profesional karena memberikan kebebasan untuk berkreasi dengan fitur yang beragam dan hasil beresolusi tinggi yang cukup detail untuk hasil cetak.

Bahkan belakangan ini, kamera aksi juga dapat gunakan untuk menangkap portrait dengan sudut yang lebih ekstrim dan juga lebar. Apapun hasil yang ideal untuk kamu, sangatlah mudah untuk menemukan mana tipe kamera yang sesuai untuk kamu. Dan saat kamu sudah menemukannya, sekarang tugas fotograferlah yang harus menemukan pengaturan terbaik yang cocok untuk ide portrait-nya.

4. Simpan referensi foto

Referensi foto mutlak perlukan dalam fotografi portrait. Menyimpannya dalam bentuk fisik atau smartphone adalah cara yang terbaik karena kamu bisa mendiskusikannya dengan model saat sesi diskusi. Kamu bisa menunjukkannya ke model jadi ia juga bisa memberikan masukan yang bisa membuat hasil foto menjadi tambah lebih baik.

5. Berinvestasi pada kamera dan peralatan yang bagus

Teknik memang penting, tapi pastikan juga kamu memiliki senjata yang memang cocok untuk fotografi portrait. Menemukan merek kamera yang bagus yang akan memberikan kamu kebutuhan akan karakteristik kamera tertentu dan terakhir lengkapi dengan peralatan pendukung yang memadai. Pada awalnya mungkin akan terasa mahal, tapi ini menjadi modal awal untuk menciptakan kreasi-kreasi baru yang dapat bernilai mahal  kemudian hari. Jangan lupa juga untuk tetap berlatih dan menambah jam terbang.

Nah, itu adalah hal-hal yang perlu kamu ketahui untuk memulai fotografi portrait. Berani untuk mulai serius bidang fotografi yang satu ini. Jika artikel ini menarik jangan lewatkan artikel menarik lainnya yang sudah kita siapkan untuk anda, Dan semoga apa yang telah kita sajikan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua !