Inilah Alasan Kenapa Apple Lebih Unggul dari Android

Inilah Alasan Kenapa Apple Lebih Unggul dari Android

Inilah Alasan Kenapa Apple Lebih Unggul dari Android – Apple Inc. adalah perusahaan teknologi multinasional yang berpusat di Cupertino, California, yang merancang, mengembangkan, dan menjual barang elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, dan layanan daring. Apple dan Google merupakan dua brand teknologi besar yang masing-masing punya sistem operasi mobile sendiri.

Perangkat keras yang diproduksi Apple meliputi telepon pintar iPhone, komputer tablet iPad, komputer pribadi Mac, pemutar media portabel iPod, jam pintar Apple Watch, pemutar media digital Apple TV, dan pengeras suara pintar HomePod. Apple memiliki iOS untuk lini iPhone-nya, sementara Google punya Android yang tersebar di berbagai HP dari beragam merek.

Sementara banyak yang membuat kompetisi di antara keduanya, untuk urusan keamanan, perangkat Apple jauh lebih unggul dari perangkat bertenaga Android. Dirangkum dari idn poker android Ada cukup banyak alasan mengapa perangkat Apple jauh lebih aman dan berikut ulasan lebih lengkapnya.

1. Ekosistem yang tertutup
7 Alasan Kenapa Perangkat Apple Lebih Aman dari Android

Maksud dari ekosistem yang tertutup di sini adalah Apple memiliki kontrol penuh untuk hardware dan software yang mereka buat. Misalnya, pengguna perangkat Apple dipaksa untuk hanya bisa mengunduh aplikasi lewat App Store.

Lalu, ketika pertama kali membeli perangkat Apple, sistem operasi iOS yang di usung benar-benar “bersih” tanpa aplikasi tambahan apapun. Di sisi lain, Android memungkinkan pengguna untuk mengunduh aplikasi/game dari luar Play Store dan biasanya HP baru diisi oleh banyak bloatware.

2. Pembaruan berkala
7 Alasan Kenapa Perangkat Apple Lebih Aman dari Android

Perangkat Apple jauh lebih mungkin mendapat pembaruan berkala ketimbang Android. Ketika sistem operasi versi terbaru di luncurkan, semua pengguna perangkat Apple atau setidaknya yang punya perangkat terbaru, di beri kesempatan untuk menginstal sistem operasi baru tersebut.

Contohnya untuk kasus iOS 14 kemarin, dalam 6 bulan saja, lebih dari 90 persen iPhone telah terinstal sistem operasi versi baru itu. Sementara Android, kapan waktu pembaruan di rilis tergantung brand pembuat HP dan jika di bandingkan dengan iOS 14, di waktu yang sama, hanya 25 persen HP Android yang telah mendapat pembaruan Android 11.

3. Regulasi toko aplikasi yang ketat
7 Alasan Kenapa Perangkat Apple Lebih Aman dari Android

Aplikasi jadi salah satu jalan masuknya malware atau virus dan untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan terjadi pada perangkat mereka, Apple sangat berhati-hati terhadap apa yang di tawarkan di App Store. Apple di kenal memakan banyak waktu dalam mengulas aplikasi yang bakal masuk ke dalam App Store dan mereka juga punya kebijakan yang lebih ketat terhadap tracker atau elemen pelacakan dalam sebuah aplikasi.

4. Melakukan “sandboxing” pada aplikasi pihak ketiga
7 Alasan Kenapa Perangkat Apple Lebih Aman dari Android

“Sandboxing” merupakan istilah teknis di mana Apple melarang aplikasi pihak ketiga untuk mengakses file yang di simpan oleh aplikasi lain atau membuat perubahan di perangkat.

Jika di bandingkan dengan Android, ketika menginstal sebuah aplikasi, pengguna akan di mintai izin untuk memberi akses atau tidak. Namun tetap, sekalipun tidak di beri izin masih ada kemungkinan untuk malware atau virus jahat masuk, kecuali sedari awal “di tutup total” seperti yang di lakukan Apple.

5. Market share lebih kecil
7 Alasan Kenapa Perangkat Apple Lebih Aman dari Android

Yang selanjutnya mungkin tidak di sengaja, namun dengan tetap menjaga harga perangkat mereka tetap tinggi, Apple secara tidak langsung membuat market share perangkat mereka jadi lebih rendah.

Salah satu studi menyebut bahwa dari semua smartphone yang ada di dunia, hanya 26 persen yang menjalankan iOS. Itu angka yang tergolong kecil yang bagi para kriminal dunia maya tidak menarik untuk di jadikan target kejahatan, di banding Android yang kini punya market share sebesar 73 persen.

6. Fitur autentikasi wajah lebih baik
7 Alasan Kenapa Perangkat Apple Lebih Aman dari Android

Autentikasi wajah merupakan fitur keamanan yang ada baik di perangkat Android maupun perangkat Apple. Meskipun begitu, Apple lewat implementasi Face ID mereka yang di mulai sejak iPhone X pada tahun 2017 terbukti lebih baik.

Sebagai perbandingan, peneliti keamanan menyebut bahwa fitur autentikasi wajah pada HP Android dari brand seperti Samsung dapat “di tipu” menggunakan foto dengan objek wajah. Apple di sisi lain, menciptakan sistem yang tidak dapat di tipu oleh foto dan bahkan dapat mengenali wajah pengguna ketika menggunakan kacamata atau masker.

7. Virus umumnya hanya bisa masuk ke perangkat yang telah jailbreak
7 Alasan Kenapa Perangkat Apple Lebih Aman dari Android

Salah satu hal yang dapat mengurangi kekuatan keamanan perangkat Apple seperti iPhone adalah jika HP tersebut telah di jailbreak. Jailbreak sendiri merupakan proses menghilangkan batasan yang Apple beri pada iPhone. Sehingga pengguna dapat menginstal hampir semua aplikasi yang mereka inginkan.

Dalam sepanjang sejarah iPhone, hanya ada sedikit kasus peretasan atau virus. Namun jika ada hampir semuanya terjadi pada iPhone yang telah di jailbreak. Sementara Android, tidak dalam kondisi jailbreak atau di otak-atik pun masih rentang untuk di serang hacker atau virus.