Tips Fotografi Kecantikan

Tips Fotografi Kecantikan – Fotografi kecantikan atau beauty adalah salah satu genre dalam dunia fotografi. Genre ini lebih mengutamakan detail dari sebuah foto yang ditangkap. Hal ini dilakukan karena genre ini mengangkat detail dari tata rias yang dikenakan oleh si model. Yang telah kita rangkum dalam Edno23.com

Hasil karyanya didominasi dengan foto-foto jarak dekat (close up) dari wajah si model dan dikombinasikan dengan tata cahaya yang mumpuni agar detail dari tata rias tersebut dapat terlihat dengan jelas. Berikut ini adalah tips-tips yang perlu diperhatikan saat ingin mencoba fotografi kecantikan.

Perhatikan pemilihan lensa

Saat melakukan fotografi kecantikan, kamu tidak memerlukan hasil foto dengan frame yang lebar. Oleh karena itu, sebaiknya kamu jangan menggunakan lensa lebar. Selain itu, lensa apa pun di bawah jarak fokus 70-100mm akan mendistorsi area wajah dan secara proporsi akan mendekatkan kamu ke subjek gambar.

Distorsi ini bahkan kadang terjadi juga saat menggunakan lensa 70mm. Jadi, perlu diingat bahwa semakin banyak ruang kosong di dalam frame, semakin panjang focal length yang disarankan saat memfotonya.

Menjaga perspektif eye level

tips fotografi kecantikan-2

Mungkin ini bukan aturan yang berlaku untuk semua jenis foto dalam genre ini. Tapi perlu diingat jika kamu memotret dengan perspektif di atas level mata model, lehernya akan terlihat semakin pendek. Saat model dalam posisi duduk di bangku. Sebaiknya kamu berlutut atau sedikit membungkuk untuk menyamakan persepektif lensa sejejar dengan mata model atau bahkan berapa di bawah perspektif mata model. Mengambil perspektif lensa di bawah mata model akan membuat siluet leher model yang agak memanjang sehingga akan membuatnya terlihat lebih elegan dan anggun.

Perhatikan posisi dan kekuatan cahaya

tips fotografi kecantikan-3 
Sumber foto: Wreaths.

Keahlian menggunakan cahaya menjadi syarat utama dalam menekuni fotografi kecantikan. Sayangnya untuk melakukannya memang tak mudah dan membutuhkan waktu untuk memahaminya. Tips menggunakan cahaya dalam fotografi kecantikan adalah kamu harus menjaga cahaya tersebut agar tidak terlalu kasar dan berada tepat tempat yang butuhkan.

Softbox yang lebih besar, alat penyebar cahaya, dan pembuat bayangan merupakan hal-hal yang akan membuat proses membersihkan wajah pascaproduksi akan menjadi lebih mudah sehingga menghasilkan foto portrait yang bagus. Pencahayaan samping yang terlampau kuat akan menekankan tekstur kulit yang tidak merata. Hal ini harus hindari dalam fotografi kecantikan. Jadi, pastikan cahayanya tidak hanya lembut, tapi juga tempatkan pada posisi yang tepat.

Jangan terlalu mengandalkan Photoshop

tips fotografi kecantikan-4

Saat melakukan fotografi kecantikan. Kamu harus menghindari pola pikir “tenang ada Photoshop” karena foto jenis ini adalah menampilkan hasil yang senatural mungkin sehingga tata riasnya bisa nilai secara objektif. Fotografi jenis ini adalah tentang bagaimana kerja sama yang baik antara fotografer dengan penata rias dan penata rambut. Jika terlalu banyak mengalami proses edit digital, fotografi kecantikan akan tak lagi terlihat natural.

Terlalu jauh dari objek

tips fotografi kecantikan-5

Dalam fotografi fashion biasanya seorang foto akan memasukan objek lain dalam frame untuk membuat hasil foto terlihat lebih dramatis dan menggunakan lensa lebar. Namun pada fotografi kecantikan fokus kamu akan berada area wajah subjek dan posisi kamu perlu lebih mendekat ke subjek. Coba saja kamu lihat hasil-hasil fotografi kecantikan majalah atau reklame produk kecantikan. Kamu akan melihat sisa ruang yang sangat sedikit dalam frame.

Itulah lima tips yang perlu kamu pahami saat ingin mencoba melakukan fotografi kecantikan. Tak sulit lakukan, tapi yang jelas kamu butuh waktu untuk tetap berlatih agar menghasilkan foto yang inginkan. Jika artikel ini menarik jangan lewatkan artikel lainnya yang sudah kita siapkan untuk kalian semua semoga apa yang telah kita sajikan ini dapat bermanfaat untuk Kalian !