5 Cara Cek Mutasi BRI

5 Cara Cek Mutasi BRI .Tidak banyak pengguna bank BRI mengetahui bagaimana cara cek mutasi BRI, padahal hal tersebut sangat penting karena lewat mutasi rekening kamu bisa melihat riwayat ataupun catatan transaksi yang terjadi di rekening tabungan bank BRI milikmu. Kamu bisa melihat dengan jelas kapan uang masuk ke dalam rekeningmu, berapa sisa saldo yang ada di rekening, dan juga ke mana kamu melakukan transfer. Sehingga kamu dapat melacak transaksi keuanganmu dalam periode tertentu. yang telah kita . yang telah kita rangkum dalam edno23.com

yang disupport oleh IDN Poker77 Apk

Kegunaan Mutasi Rekening BRI

kegunaan cek mutasi bri
Istilah mutasi rekening BRI akan sering kamu dengar sebagai nasabah BRI. Mutasi BRI merupakan riwayat transaksi keuangan yang dimiliki oleh para nasabah BRI, di mana di dalamnya mencakup catatan dana keluar, dana masuk, dan juga sisa dana atau saldo. Selain itu, mutasi ini memiliki berbagai macam fungsi yang sangat penting, antara lain:

1. Cek Mutasi Rekening BRI untuk Mengetahui Bukti Transaksi

Fungsi cek mutasi rekening BRI yang pertama sudah jelas sebagai bukti transaksi keuangan. Sebab di dalam mutasi, setiap transaksi keuangan baik uang masuk ke dalam rekening maupun uang yang keluar ke rekening lain akan tercatat dengan jelas dalam periode waktu tertentu. Catatan riwayat ini sangat diperlukan terutama untuk menghindari kesalahpahaman dalam bertransaksi.

Contohnya, saat kamu membeli suatu barang di orang lain atau secara online. Ketika uang sudah ditransfer namun pihak penjual menyebut tidak ada uang yang masuk ke dalam rekeningnya, kamu bisa langsung mengecek mutasi untuk melihat catatan transaksi yang sudah kamu lakukan. Jika memang sudah terbukti melakukan transfer sejumlah uang ke rekening penjual, maka kamu bisa menunjukkannya sebagai bukti transaksi yang sah. Dengan begitu kamu bisa terhindar dari masalah atau bahkan penipuan saat bertransaksi.

2. Sebagai Syarat Mengajukan Visa Berkunjung

Beberapa negara tertentu ada yang mengharuskan calon pengunjung dari luar negeri untuk melampirkan catatan transaksinya . Dalam waktu 3 atau 6 bulan ke belakang sebagai syarat pengajuan visa berkunjung. Mengapa hal ini dilakukan? .Tujuannya pihak pemerintah negara tersebut ingin melihat bagaimana pengeluaran dan pemasukan .  Kamu selama periode waktu tersebut, sehingga mereka bisa menyimpulkan apakah kamu memiliki uang yang cukup untuk bepergian di negara tersebut.

Hal ini juga untuk menghindari pengunjung dari negara lain justru menjadi gelandangan di negaranya karena tidak memiliki cukup uang untuk hidup dan kembali ke negara asal mereka. Beberapa negara menghindari gelandangan yang akan menjadi beban negaranya sehingga mereka memiliki peraturan yang cukup ketat terkait hal tersebut.

3. Mutasi Rekening Sebagai Syarat Mengajukan Pinjaman ke Bank

Ada sejumlah bank yang mensyaratkan untuk melampirkan mutasi rekening dalam periode waktu tertentu untuk bisa mendapatkan pinjaman. Misalnya saja sebagai syarat pengajuan KPR, di mana bank-bank penyedia jasa KPR akan meminta kamu untuk melampirkan dokumen mutasi rekening bank. Sebab, pihak bank ingin menganalisis arus masuk dan keluar uang yang kamu miliki di dalam rekening, sehingga mereka dapat memastikan kalau kamu mampu untuk membayar cicilan KPR tiap bulannya dan tidak akan menunggak.

Cara Cek Mutasi Transaksi BRI

cek mutasi bri dengan aplikasi bri mobile
Sumber Foto: farzand01 via. Shutterstock

Cara untuk cek mutasi rekening BRI maupun BRIS bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik offline maupun online. Bisa dilakukan secara offline, yakni mendatangi kantor cabang Bank BRI atau melalui online menggunakan layanan internet dan mobile banking melalui aplikasi BRImo. Berikut adalah penjelasan lengkap berbagai macam pilihan cara untuk mengecek mutasi rekening BRI milikmu:

1. Cek Mutasi BRI via Teller Bank

Yang pertama, kamu bisa cek mutasi BRI secara offline yakni dengan mengunjungi kantor cabang Bank BRI terdekat atau tempat kamu menabung. Setelah tiba di bank kamu bisa mengambil nomor antrean untuk bagian Teller. Setelah tiba nomor antrianmu, berikan buku tabungan dan juga KTP kepada Teller serta beritahu keperluanmu yaitu untuk mencetak mutasi rekening. Oleh petugas, mutasi rekening di Bank BRI milikmu akan langsung dicetak ke dalam buku tabungan.

2. Cek Mutasi BRI via Mesin ATM

Kedua ada cara yang lebih praktis, yakni dengan cek mutasi BRI menggunakan mesin ATM. Cara ini terbilang praktis karena juga sangat mudah, kamu hanya perlu mendatangi mesin ATM BRI terdekat. Selain itu, dengan cara ini kamu juga bisa print mutasi rekening BRI di mesin ATM.

Sayangnya, untuk cek mutasi melalui ATM ini hanya bisa menampilkan lima transaksi terakhir. Jadi kamu tidak bisa melihat mutasi rekening di bulan sebelumnya. Sehingga jika kamu ingin melihat mutasi di dengan periode yang lebih panjang, kamu bisa menggunakan cara-cara lainnya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Datangi kantor cabang ATM BRI terdekat

  • Masukkan kartu ATM BRI dan juga PIN
  • Pilih menu Transaksi Lainnya
  • Kemudian pilih Info Rekening
  • Selanjutnya pilih Mutasi Rekening
  • Setelah itu tunggu hingga layar menampilkan lima transaksi terakhir yang kamu lakukan.
  • Kamu bisa mencetaknya dalam bentuk struk yang menampilkan riwayat transaksi rekening BRI tersebut.

3. Cek Mutasi BRI via SMS Banking

Cara ketiga untuk cek mutasi BRI adalah via SMS Banking BRI. Langkah-langkahnya pun terbilang mudah, pasalnya kamu hanya perlu mengirimi SMS dengan format tertentu saja. Namun untuk cara cek mutasi rekening BRI lewat SMS Banking akan dikenai biaya sebesar Rp660 per SMS, sehingga pastikan kamu memiliki pulsa SMS sebelum melakukannya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Ketik INFOMUTASIPIN SMS BANKING
  • Lalu kirim SMS tersebut ke nomor 3300
  • Setelah itu, kamu akan mendapatkan SMS balasan dari 3300 yang berupa histori atau riwayat transaksi yang pernah kamu lakukan sebelumnya.

4. Cek Mutasi BRI via Aplikasi BRImo

Cara untuk cek mutasi BRI selanjutnya adalah melalui aplikasi BRImo, yang merupakan aplikasi mobile banking terbaru keluaran bank BRI. Cara cek transaksi rekening BRI bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi ini, bahkan kamu bisa mengecek mutasi tanpa buku tabungan hingga periode 1 tahun terakhir. Bahkan hasil cek mutasi BRI dari aplikasi ini bisa kamu simpan dalam bentuk format PDF dan bisa kamu bagikan atau gunakan untuk keperluan tertentu misalnya pembayaran, pendaftaran visa, ataupun persyaratan KPR.

Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi BRI Mobile, namun cara untuk mengecek mutasi rekening kurang lebih sama. Cukup ikuti langkah-langkah ini di aplikasi BRImo:

  • Buka aplikasi BRImo dan login ke akun BRImo milikmu
  • Setelah berhasil login, klik menu Mutasi
  • Selanjutnya pilih menu Rekening
  • Berikutnya klik ikon berbentuk kalender
  • Setelah itu tentukan bulan atau tanggal yang ingin kamu lihat riwayat transaksinya. Kamu bisa melihat transaksi sampai dengan 1 tahun sebelumnya
  • Kemudian, setelah kamu pilih bulan atau tanggal, di layar akan langsung muncul daftar riwayat transaksi yang pernah kamu lakukan pada periode tersebut.

5. Cek Mutasi BRI via Internet Banking

Terakhir, kamu bisa cek mutasi di rekening BRI dengan internet banking BRI. Cara ini cukup mudah dan bisa menjadi pilihan saat kamu tidak memiliki aplikasi BRImo maupun BRI Mobile. Internet banking bisa kamu akses melalui browser baik di ponsel ataupun laptop dan komputer yang kamu miliki dengan memasukkan alamat situs resmi Intenet Banking BRI. Pastikan internet di ponsel ataupun laptopmu stabil, lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Kunjungi situs internet banking BRI di ib.bri.co.id
  • Kemudian login dengan memasukkan user ID, password, dan nomor validasi yang tertera. Setelah itu klik Masuk
  • Selanjutnya, di situs internet banking klik tiga garis oranye yang berada di pojok kiri atas
  • Lalu pilih menu Rekening
  • Kemudian pilih Mutasi Rekening
  • Setelah itu tentukan periode tanggal dan bulan histori transaksi rekening yang ingin kamu cek
  • Klik Tampilkan, di layar langsung tertera daftar riwayat transaksimu dalam periode tersebut.