Beberapa Fitur yang Ditawarkan Dalam OS Android 12

Beberapa Fitur yang Ditawarkan Dalam OS Android 12

Beberapa Fitur yang Ditawarkan Dalam OS Android 12 – Android 12 adalah rilis utama kedua belas dan versi ke-19 dari Android, sistem operasi seluler yang dikembangkan oleh Open Handset Alliance yang dipimpin oleh Google.

Beta pertama dirilis pada 18 Mei 2021. Android 12 dirilis secara publik pada 4 Oktober 2021 dan merupakan versi Android terbaru hingga saat ini Senin, 4 Oktober 2021 lalu, Google resmi meluncurkan Android 12.

Sistem operasi (OS) ini tersedia di perangkat Pixel sejak 19 Oktober. OS ter-update ini diklaim lebih aman, terasa personal, dan mudah dioperasikan daripada sebelumnya.

1. Antarmuka lebih personal dengan pengoptimalan kontras warna
Daftar Fitur Terbaru Android 12, Lebih Aman dan Personal?

Tiga hal yang menjadi highlight Android 12: personalsafe, dan effortless. Berdasarkan keterangan di situs website resminya, android.com, Android 12 menghadirkan pengalaman yang lebih pribadi, aman, dan mudah di perangkat kita.

Sebagai OS yang paling personal, kemampuan warna dinamis ditampilkan. Rasakan experience baru dengan wallpaper dan gerakan responsif yang merespons sentuhan. Widget-nya diberi facelift, kontras warna dioptimalkan, serta fitur baru ditambahkan untuk membantu orang dengan gangguan penglihatan supaya bisa diakses lebih banyak pengguna.

Antarmuka atau user interface sangat di perhatikan, mulai dari bentuk, cahaya dan gerakan, sampai warna sistem yang bisa di sesuaikan. Berkat algoritme ekstraksi warna tingkat lanjut, kita bisa dengan mudah mempersonalisasi tampilan, termasuk pengaturan, notifikasi, widget, dan aplikasi tertentu!

2. Antarmuka terasa hidup dan merespons dengan cepat
Daftar Fitur Terbaru Android 12, Lebih Aman dan Personal?

Masih seputar antarmuka, apa yang berubah dan di tingkatkan? Antarmukanya terasa hidup dengan setiap ketukan (tap), geser (swipe), dan gulir (scroll) merespons dengan cepat dan ekspresif dengan gerakan dan animasi yang halus.

Selain itu, berkat widget percakapan baru, obrolan kita akan di tampilkan di depan atau di tengah layar utama. Tujuannya supaya kita tidak melewatkan percakapan dari orang terdekat. Dengan widget tersebut, kita bisa melihat notifikasi panggilan tak terjawab (missed calls), ulang tahun, dan lainnya.

3. Lebih mudah diakses berkat fitur visibilitas baru
Daftar Fitur Terbaru Android 12, Lebih Aman dan Personal?

Lebih lanjut, Android 12 di desain supaya lebih mudah di akses dengan fitur visibilitas baru, seperti:

  • Pembesaran area (area magnification): Terdapat kaca pembesar baru yang memungkinkan kita memperbesar bagian layar tanpa kehilangan konteks pada konten layar lainnya.
  • Teks tebal (bold text): Melihat teks lebih jelas berkat kemampuan untuk mengubah font menjadi tebal di seluruh bagian ponsel.
  • Ekstra redup: Menjadikan tampilan lebih redup agar lebih nyaman saat di gulirkan di malam hari atau ketika pengaturan kecerahan terendah masih terlalu terang.
  • Grayscale: Sesuaikan tampilan warna pada perangkat menjadi skala abu-abu. Tujuannya untuk menghemat daya baterai.
4. Kelola izin aplikasi dari dasbor privasi
Daftar Fitur Terbaru Android 12, Lebih Aman dan Personal?

Bukan hanya tampilan, dari segi privasi pun di tingkatkan. Dengan Android 12, kita bisa memilih antara memberi akses lokasi yang akurat atau perkiraan lokasi saja ke tiap aplikasi. Semua ini bisa di atur dalam menu dasbor privasi.

Menurut keterangan resminya, dengan dasbor privasi, kita bisa mengetahui kapan aplikasi mengakses lokasi, kamera, atau mikrofon dalam 24 jam terakhir. Jika kita merasa curiga dengan izin aplikasi tertentu, kita bisa mengelolanya langsung dari dasbor.

Selain itu, kita bisa melindungi data sensitif dengan private compute core. Ini adalah lingkungan seluler aman yang terisolasi dari sistem operasi dan aplikasi lainnya. Setiap informasi yang di proses di private compute core memerlukan tindakan pengguna sebelum di bagikan dengan Google, aplikasi, atau layanan lain.

Jangan khawatir, private compute core bersifat open source. Sehingga bisa di periksa dan di verifikasi langsung oleh komunitas keamanan.

5. Bisa bermain game tanpa menunggu unduhan selesai

Daftar Fitur Terbaru Android 12, Lebih Aman dan Personal?

Android 12 membuat segalanya menjadi lebih mudah. Kini, kita bisa langsung memainkan game tanpa menunggu unduhan selesai. OS terbaru ini memungkinkan kita bermain saat proses download masih berjalan. Hemat waktu!

Selain itu, kita bisa memilih mode permainan. Jika kita memilih kinerja (performance), maka akan mengonsumsi banyak baterai. Jika kita memilih masa pakai baterai (battery life), maka performa akan di turunkan supaya lebih hemat daya.

Fitur lainnya adalah scrolling screenshot atau tangkap layar panjang untuk mendapat semua informasi dalam satu gambar. Kita juga bisa mentransfer memori atau data dari ponsel lain dengan mudah, bahkan dari perangkat iPhone!

Android 12 di umumkan di blog Android yang di posting pada 18 Februari 2021. Pratinjau Developer segera di rilis, dengan dua pratinjau tambahan di rencanakan untuk dua bulan berikutnya. Setelah itu, empat rilis beta bulanan di rencanakan, di mulai pada Mei, yang terakhir mencapai stabilitas platform pada Agustus, dan ketersediaan umum segera hadir setelah itu.

Android 12 memperkenalkan pembaruan besar pada bahasa Desain Material sistem operasi yang di cap sebagai “Material You”, yang menampilkan tombol yang lebih besar, peningkatan jumlah animasi, dan gaya baru untuk widget layar beranda.

Sebuah fitur, dengan nama kode internal “monet”, akan memungkinkan sistem operasi untuk secara otomatis menghasilkan tema warna untuk menu sistem dan aplikasi yang didukung menggunakan warna wallpaper pengguna.