Cara Membuat Survei Pasar

Cara Membuat Survei Pasar.Survei pasar adalah bagian yang penting dari penelitian pasar yang mengukur perasaan dan preferensi pelanggan dalam pasar tertentu. Dengan berbagai macam ukuran, desain, dan tujuan, survei pasar merupakan salah satu data utama yang digunakan oleh perusahaan dan organisasi untuk menentukan produk dan layanan yang harus ditawarkan dan cara memasarkannya. Langkah-langkah ini akan mengajarkan dasar-dasar mengenai cara membuat survei pasar dan memberikan kiat untuk memaksimalkan hasil Anda. yang telah kita rangkum dalam edno23

Disupport oleh IDN Poker77 Apk

Menjangkau Pasar yang Tepat

Gambar berjudul Make a Market Survey Step 1

Klarifikasilah tujuan survei pasar Anda.

Sebelum memulai rencana apa pun, pastikan tujuan survei pasar Anda. Apa yang ingin Anda ketahui? Apakah Anda ingin mencoba mengevaluasi seberapa baik pasar Anda akan menerima produk baru? Mungkin Anda ingin mengetahui seberapa efektif pemasaran Anda menjangkau target pembeli. Apa pun tujuannya, pastikan Anda memiliki tujuan yang jelas dalam pikiran.

  • Misalnya, bayangkan Anda memiliki sebuah perusahaan yang menjual dan memperbaiki perlengkapan komputer. Tujuan Anda menggunakan survei pemasaran adalah mengetahui jumlah mahasiswa di universitas lokal yang mengenal bisnis Anda dan seberapa mungkin mereka membeli produk atau layanan Anda untuk pembelian atau perbaikan komputer selanjutnya.

 

Gambar berjudul Make a Market Survey Step 2

Tentukan dan definisikan dasar, jangkauan, dan ukuran pasar Anda.

Sebelum melakukan survei di pasar tertentu, Anda harus mengetahui target pasar Anda. Pilihlah parameter geografis dan demografisnya, identifikasilah pelanggan berdasarkan jenis produknya, dan ketahuilah jumlah orang yang berada di pasar.

  • Persempit penelitian pasar Anda menjadi daftar pendek dari data yang diinginkan, seperti kebiasaan membeli atau pendapatan rata-rata.
  • Untuk situasi bisnis perbaikan komputer yang disebutkan di atas, hal ini cukup mudah. Anda akan mencari mahasiswa. Akan tetapi, Anda dapat mencoba fokus pada siswa dengan pendapatan yang lebih tinggi atau siswa yang lebih memahami teknologi, yang mampu membeli sesuatu dari Anda.

 

Gambar berjudul Make a Market Survey Step 3

Tentukan aspek-aspek pasar yang ingin Anda teliti.

Hal ini bergantung sepenuhnya pada tujuan pemasaran Anda dan ada banyak sekali pilihan yang tersedia. Jika Anda memiliki produk baru, Anda mungkin ingin mengetahui seberapa dikenal atau diinginkannya produk itu di pasar tertentu. Mungkin, Anda ingin mengetahui kebiasaan membeli tertentu dari pasar Anda, misalnya kapan, di mana, dan seberapa banyak mereka membeli. Pastikan saja Anda memiliki ide yang jelas mengenai hal-hal yang ingin Anda ketahui.

  • Klarifikasilah juga jenis informasi yang Anda inginkan. Anda dapat menanyakan pertanyaan kualitatif tentang informasi yang tidak dapat diukur langsung dengan angka, seperti apakah pelanggan memiliki saran apa pun untuk memperbaiki produk atau layanan. Alternatifnya, Anda dapat menanyakan pertanyaan kuantitatif yang memberikan data masukan berupa angka atau yang dapat diukur, seperti menanyakan tingkat penilaian (rating) dari 1 hingga 10 mengenai keefektifan produk.
  • Anda mungkin juga ingin mengetahui secara spesifik hal-hal yang mendorong para pelanggan Anda sebelumnya untuk membeli produk Anda. Dalam kasus ini, pastikan untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang spesifik kepada para pembeli terakhir (dalam sebulan terakhir) mengenai pengalaman membeli mereka dan dari mana mereka mengetahui tentang produk Anda. Anda dapat meningkatkan hal-hal yang menurut pelanggan sudah sukses dan memperbaiki masalah apa pun yang mereka alami.[1]
  • Untuk contoh perbaikan komputer, Anda bisa fokus pada seberapa sering pelanggan Anda kembali menggunakan layanan Anda atau seberapa sering pelanggan baru menggunakan layanan Anda dibandingkan kompetitor.

 

Gambar berjudul Make a Market Survey Step 4

Cari tahulah di mana dan kapan Anda dapat menjangkau pelanggan di pasar Anda.

 Anda dapat melakukan survei di mal atau jalan, melalui telepon, daring (online), atau surel (email). Hasil Anda mungkin berubah bergantung pada hari dan tahunnya. Pilihlah cara dan waktu yang paling sesuai dengan penelitian Anda.

  • Saat menjangkau pelanggan Anda, pikirkan mengenai target Anda. Target bisa saja merupakan tujuan demografi yang sudah Anda tentukan sebelumnya atau hanya beberapa pelanggan Anda sebelumnya.
  • Pastikan untuk memikirkan target Anda, terutama saat melakukan survei daring. Target pasar Anda, terutama jika mereka agak tua, mungkin tidak dapat mengakses saluran daring.
  • Misalnya, bisnis perbaikan komputer dapat memutuskan untuk mewawancarai mahasiswa secara langsung di lokasi pusat di kampus atau daring melalui situs web yang sering dikunjungi.

 

Gambar berjudul Make a Market Survey Step 5

Tentukan jenis survei yang akan digunakan.

Survei dapat dibagi menjadi dua kategori umum yang berbeda: kuesioner dan wawancara. Satu-satunya perbedaan dari kedua survei ini adalah orang yang mencatat informasi responden. Dalam kuesioner, responden mencatat sendiri jawaban mereka untuk pertanyaan yang diberikan. Adapun, dalam wawancara, pewawancara menuliskan apa yang dikatakan responden. Selain itu, ada pilihan-pilihan lain mengenai cara melaksanakan survei, baik daring maupun secara langsung. Survei dapat dilakukan secara perorangan atau dalam kelompok.

  • Kuesioner dapat diberikan secara langsung, melalui atau daring. Wawancara dapat dilakukan secara langsung atau melalui telepon.
  • Kuesioner efektif untuk penelitian pasar dan mendapatkan jawaban untuk pertanyaan tertutup. Akan tetapi, biaya cetak kuesioner mungkin tergolong mahal dan kuesioner dapat membatasi kapasitas responden untuk menyampaikan pemikiran mereka.[4]
  • Wawancara memungkinkan pewawancara untuk memberikan pertanyaan lanjutan untuk mengetahui pemikiran responden dengan lebih jelas. Akan tetapi, cara ini lebih menghabiskan waktu untuk pewawancara.
  • Kuesioner kelompok bisa menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan hasil karena responden dapat berkolaborasi untuk memberikan tanggapan yang lebih informatif untuk pertanyaan Anda.