Deretan Mic Terbaik yang Pas Untuk Podcast atau Streaming

Deretan Mic Terbaik yang Pas Untuk Podcast atau Streaming

Deretan Mic Terbaik yang Pas Untuk Podcast atau Streaming – Mikrofon merupakan salah satu transduser (perangkat yang mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya) dimana mikrofon mengubah energi akustik (gelombang suara) menjadi energi listrik (sinyal audio). Ada berbagai jenis / tipe mikrofon dimana masing-masing tipe menggunakan metode yang berbeda dalam mengkonversi energi, namun semua tipe mikrofon tersebut memiliki satu kesamaan yaitu diafragma.

Pasti banyak dari kamu yang saat ini ingin berfokus membuat konten, entah itu vlog, podcast, atau bahkan streaming. Terlepas dari visual yang bagus dari kamera yang memadai, konten-konten tersebut juga memerlukan kualitas suara yang baik agar penonton atau pendengarmu bisa memahami apa yang diobrolkan.

Tentu saja untuk menjamin kualitas suara tersebut, kamu perlu menggunakan microphone yang bagus juga. Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi mic yang bisa kamu miliki untuk kebutuhan melakukan podcast atau streaming. Rata-rata harganya tidak bisa terbilang murah, tetapi itu akan sebanding dengan kualitas yang bakal kamu dapatkan.

1. Audio Technica AT2020
7 Mic Condensor Terbaik, Podcast Terdengar Lebih Jelas

Brand Audio Technica sudah memiliki nama sedari dulu untuk urusan suara. Dalam urusan mic untuk streaming atau konten podcast, salah satu produknya yang paling direkomendasikan adalah AT2020.

Di kelas harga Rp1,5 jutaan, mic produk pabrik Jepang ini telah diakui kualitasnya. Desainnya sederhana, materialnya kokoh, suara yang dihasilkan jernih.

2. RODE NT-USB
7 Mic Condensor Terbaik, Podcast Terdengar Lebih Jelas

Bagi mereka yang sudah bergelut di ranah videografi, brand RODE bukanlah nama asing. Sedari awal RODE terkenal sebagai produsen shotgun mic berkualitas tinggi dan untuk mic condensor-nya pun, kualitasnya juga diakui bagus.

NT-USB yang memiliki harga Rp3 jutaan ini punya kemampuan mengurangi noise dan mudah digunakan karena bisa langsung ditancapkan ke komputer. Akan tetapi untuk pengaturannya, kamu perlu mengutak-atik dahulu di komputer.

3. Samson C01U Pro
7 Mic Condensor Terbaik, Podcast Terdengar Lebih Jelas

Dengan harga berkisar di angka Rp1,5 jutaan, Samson C01U Pro bisa memberikan rekaman suara yang jernih dan jelas. Banyak yang merekomendasikan C01U Pro dipakai sebagai mic untuk merekam podcast. Seperti mic lain yang ada di daftar ini, Samson C01U Pro di bekali lubang jack 3,5 mm, sehingga kamu bisa mendengar lebih jelas seperti apa suara yang kamu rekam.

4. Blue Snowball
7 Mic Condensor Terbaik, Podcast Terdengar Lebih Jelas

Kamu pasti paham mengapa mic ini di juluki snowball. Desainnya bulat seperti bola salju, namun mampu merekam suara dengan baik. Sebelum membelinya, kamu perlu tahu bahwa ada dua macam Blue Snowball. Yang standar dan yang iCE.

Versi iCE memiliki harga yang sangat murah, yaitu di bawah Rp500 ribu, sedangkan versi standarnya berada di angka Rp1 jutaan. Tentu saja untuk masalah kualitas, kedua varian ini berbeda. Jika kamu ingin yang lebih proper, pastikan mengambil yang varian standar.

5. BOYA BY-PM700
7 Mic Condensor Terbaik, Podcast Terdengar Lebih Jelas

Bisa di bilang BOYA adalah pesaing kuat dari RODE. Banyak produknya yang mirip dengan keluaran RODE, termasuk mic condensor-nya. BY-PM700 yang sering di patok harga Rp1,5 jutaan ini memiliki kemampuan untuk menangkap suara dari berbagai arah

6. Blue Yeti
7 Mic Condensor Terbaik, Podcast Terdengar Lebih Jelas

Hampir di setiap artikel rekomendasi mic, kamu pasti akan menemui nama Blue Yeti di dalamnya. Tidak bisa di mungkiri, mic ini memang berkualitas bagus.

Itu terbukti dengan populernya produk ini di kalangan konten kreator yang fokusnya membuat podcast. Produk Blue Yeti sendiri berada di angka Rp3 jutaan.

7. Shure SM7B
7 Mic Condensor Terbaik, Podcast Terdengar Lebih Jelas

Ingin mic yang berkualitas tinggi? Silakan mengecek Shure. SM7B milik Shure ini bisa di bilang sebagai salah satu mic terbaik untuk di kelasnya. Di dalam satu paketnya, kamu akan mendapatkan langsung beragam aksesori, seperti pop-filter hingga shock mount, sehingga tak perlu lagi membeli secara terpisah.

Dengan kualitasnya ini, jangan kaget bila harganya berada di angka Rp5 jutaan. Itulah mic yang bisa direkomendasikan untukmu. Lebih baik kamu mengeluarkan biaya yang lebih banyak ketimbang mendapat suara rekaman yang tidak jelas.

Mikrofon dinamis bersifat fleksibel (versatile) dan ideal di gunakan untuk berbagai kebutuhan. Umumnya memiliki desain yang sederhana dengan beberapa bagian yang dapat di lepas. Mic jenis ini juga relatif kokoh dan lebih tahan banting.

Sangat cocok di gunakan untuk suara dengan level volume yang sangat tinggi seperti alat-alat musik tertentu atau amplifier. Mikrofon dinamis tidak memiliki amplifier internal dan biasanya tidak memerlukan baterai atau daya eksternal.