Ide Bisnis Online untuk Pemula yang Efektif

Ide Bisnis Online untuk Pemula yang Efektif – Ide bisnis online untuk pemula bisa didapatkan dari mana saja. Apalagi memulai bisnis online bisa dilakukan kapan saja dan oleh siapa saja. Walau kamu masih pemula, namun kamu tidak perlu menunggu modal besar dulu untuk menjalani bisnis online. Dengan bisnis online, dagangan kamu akan mudah mendapatkan pelanggan. yang telah kita rangkum dalam edno23.com

Apalagi tengah pandemi Covid-19, ide bisnis online untuk pemula makin cari. Selain semakin banyak orang yang beralih dari membeli barang secara offline menjadi online, ada banyak juga yang kemudian mencari peruntungan dengan berbisnis online, setelah kena PHK akibat Covid-19.

Ide Bisnis Online untuk Pemula yang Bisa Kamu Jalankan

1. Bisnis online jasa titip (Jastip)
2. Dropshipper
3. Copywriter
4. Jualan di marketplace
5. Jasa pembuatan website
6. Jasa penerjemah
7. Blogger
8. Bisnis kuliner online
9. YouTuber
10. Podcaster

Bisnis online bukan hanya menjual barang fisik yang bisa kamu pegang wujudnya. Kamu bisa melakukan sesuatu yang lebih besar lagi, seperti menjual produk digital dan jasa. Barang yang kamu pasarkan akan memengaruhi tindakan kamu dalam sistem marketing-nya juga.

Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula yang Efektif

Cara memulai bisnis online yang efektif (Foto: Shutterstock) 
Cara memulai bisnis online yang efektif (Foto: Shutterstock)

Sebelum benar-benar memulai ide bisnis online untuk pemula, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak cara memulai bisnis online yang bisa kamu terapkan dan menjalankannya.

1. Tentukan Produk yang Akan Dijual

Bagian pertama biasanya paling sulit, tapi ini adalah langkah penentuan kamu dunia bisnis online. Produk yang pasarkan akan sangat berpengaruh dengan identitas bisnis yang kamu jalankan juga. Kamu perlu memikirkan matang-matang untuk hal ini.

Kamu harus tahu dulu mau memasarkan sebuah barang atau jasa. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menjual dua-duanya. Seperti yang sudah bilang bagian awal, bisnis online sangat luas cangkupannya. Untuk itu, kamu harus membuatnya lebih spesifik. Cara mudahnya untuk menentukannya adalah pilih sesuatu yang benar-benar kamu pahami. Bila kamu paham sneakers, mulailah bisnis sneakers online. Begitu juga saat kamu paham tentang elektronik, bukalah bisnis yang menawarkan jasa servis barang-barang elektronik.

2. Tahu Target Pasar

Memilih barang mahal berarti membuat kamu harus menyasar orang dengan penghasilan yang tinggi juga. Bukan hanya dari sisi finansial, penentuan target pasar pun sudah bisa lakukan sesaat setelah penentuan produk. Kamu akan sulit menjual perlengkapan bayi dan anak bila menjualnya kepada anak sekolah atau mahasiswa.

Dengan mengetahui target pasar, kamu pun akan tahu kebutuhan orang-orang yang ada dalam target kamu. Kamu pun jadi bisa membuat gambaran sendiri tentang pengembangan produk yang akan lakukan setelah bisnis online kamu berjalan beberapa waktu.

3. Berikan “Rumah” untuk Bisnis Kamu

Faktanya Apa pun bisnis yang kamu pilih, ada baiknya kamu memberikan “rumah” untuknya. Serupa dengan jualan offline dan toko fisiknya, bisnis online pun sebaiknya memiliki toko dalam wujud online juga. Untuk itu, sisihkan waktu untuk membuat sesuatu yang bagus dan menarik untuk bisnis kamu. Orang akan semakin percaya dengan bisnis kamu saat sudah memiliki situs yang bisa akses dengan mudah. Tenang, situs yang bisa gunakan untuk membangun toko online kamu internet. Kamu pun bisa membeli domain sendiri supaya bisa lebih mudah cari oleh banyak orang.

Kalau belum memiliki modal untuk membuat situs, manfaat saja e-commerce yang menyediakan lapak untuk menjajakan barang dagangan kamu. Hampir semua e-commerce menawarkan lapak gratis untuk menaruh semua barang jualan kamu sana.

4. Promosikan Bisnis Kamu

Faktanya supaya orang tahu bisnis yang kamu jalankan, promosi adalah sebuah kewajiban. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan bisnis. Langkah mudahnya adalah membagikannya pada halaman media sosial pribadi yang kamu punya. Dengan begitu, teman-teman dekat pun akan melihat bisnis online milikmu.

Untuk memperluas jangkauannya, kamu perlu sedikit modal. Buat toko online kamu e-commerce berada pencarian teratas dengan membayar fitur push yang sediakan. Bisa juga kamu menggunakan GoogleAds atau Facebook Ads untuk melakukannya media sosial. Promosi yang lakukan pun bukan hanya itu. Kamu juga bisa membuat kampanye promosi dengan memberikan potongan harga atau gratis kirim untuk pembelian pertama. Sebaiknya berikan promosi secara berkala untuk membuat para pelanggan mau kembali ke toko kamu.

5. Putar Uang Keuntungan dengan Bijak

Faktanya Banyak bisnis tidak bertahan lama lantaran mengambil langkah salah dalam urusan finansialnya. Sebaiknya, kamu punya pembukuan yang bagus untuk mencatat modal dan keuntungan yang dapat dalam periode tertentu. Hal ini akan membuat kamu tahu langkah apa yang harus lakukan berikutnya.

Saat sedang berkembang, kamu bisa mulai untuk melebarkan bisnis dengan menambah produk atau memberikan promosi lebih besar.  Sisi lain, kamu perlu melakukan pengetatan atau mengurangi biaya produksi saat keuntungan yang dapat kurang memuaskan. Terlebih lagi, selalu sisakan dana darurat untuk bisnis yang kamu jalankan. Dana darurat ini bisa ambil dari sebagian keuntungan yang dapat saat pasar sedang ramai. Gunakan dana ini untuk bertahan lebih panjang saat penjualan sedang turun drastis.

Proses Membangun Bisnis Online

Proses membangun bisnis online bisa jadi tidak mudah (Foto: Shutterstock)

Faktanya Satu hal yang harus kamu catat, membangun bisnis online tidak akan langsung membuat kamu punya banyak uang dalam waktu singkat. Semua butuh proses supaya kamu bisa sampai ke tahap tersebut. Malahan, beberapa bisnis online pun tidak bertahan lama karena banyak faktor.

Bila benar-benar mau terjun ke bisnis online, kamu harus tekun menjalaninya dan mulailah secara bertahap. Lakukan langkah satu per satu untuk mencapai tujuan mendapatkan untung yang banyak. Tidak ada yang serbainstan dalam dunia bisnis. Jangan lupa untuk selalu evaluasi bisnis dalam beberapa waktu tertentu. Bisa saja, ada strategi pemasaran yang harus ubah atau perbaiki untuk meningkatkan penjualan.

Nah, kapan nih mau mulai membuka bisnis online sendiri?