Manfaat Udang: Seafood Lezat Cerdaskan Otak

Manfaat Udang: Seafood Lezat Cerdaskan Otak . Siapa disini yang ngga suka dengan udang ? . kali ini mimin akan bahas tentang manfaat udang yang baik untuk kehatan kalian dan katanya sih dapat mencerdaskan otak . yang telah kita rangkum dalam edno23.com

Udang merupakan salah satu hewan laut yang cukup populer akan cita rasanya yang lezat. Selain rasanya yang manis, gurih digemari banyak orang, seafood satu ini juga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh.

Seluruh bagian dari udang bisa diolah menjadi makanan dan memiliki nutrisinya masing-masing. Salah satu manfaat yang bisa kamu rasakan bila mengonsumsinya secara teratur adalah mencegah anemia dan meningkatkan fungsi otak.

Tidak hanya itu, ada berbagai khasiat lainnya yang bisa kamu rasakan secara langsung bila mengonsumsi olahan laut ini. Sebelum membahas kandungan dan khasiatnya, simak beberapa fakta menarik berikut:

  • Ada ribuan spesies udang di seluruh dunia.
  • Jenis kelamin udang tak bisa ditentukan saat lahir, menjadi jantan ketika beranjak dewasa dan kemudian betina.
  • Beberapa udang dapat menjentikkan penjepitnya sebagai cara untuk berkomunikasi.
  • Udang adalah bagian penting dari ekosistem di laut dan menjadi sumber makanan penting bagi paus, lumba-lumba hingga kepiting.
  • Udang kaya akan protein, namun rendah kalori.

Kandungan Gizi Udang

manfaat udang
Sumber Gambar: Pexels

Dibalik rasanya yang gurih dan manis, udang memiliki segudang khasiat bagi tubuh. Dalam 100 gram (g) udang mengandung 99 kalori dengan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 99 kilokalori (kkal)
  • Karbohidrat: 1 g
  • Protein: 15 g
  • Lemak: 1 g
  • kolesterol: 166 g
  • Vitamin B12: 59% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Vitamin B3: 11% dari AKG
  • Selenium: 33,7 mikrogram (mcg)
  • Fosfor: 116 miligram (mg)
  • Zat besi: 2,6 mg
  • Kolin: 68,8 mg

Selain itu, udang juga mengandung berbagai mineral penting yang dibutuhkan tubuh, termasuk kalium dan fosfor. Hewan laut ini juga kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-5, serta yodium yang dibutuhkan tubuh.

Manfaat Udang untuk Kesehatan Tubuh

manfaat udang
Sumber Gambar: Pexels

Hewan yang mampu tinggal di perairan air tawar dan asin ini memang cukup spesial, tidak hanya rasanya yang lezat namun terdapat berbagai manfaat bagi tubuh yang bisa kamu terima:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jenis antioksidan utama dalam udang adalah karotenoid yang sebut astaxanthin. Kandungan tersebut dipercaya mampu meningkatkan kesehatan otak dan jantung.

Ketika mengonsumsi astaxanthin, maka kamu dapat terlindungi dari peradangan dan efek samping radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh.

2. Mampu Tingkatkan Fungsi Otak

Olahan laut satu ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga dapat membantu mengikat oksigen dalam hemoglobin. Secara langsung, fungsi ini dapat membantu mengantarkan oksigen dari paru-paru menuju seluruh jaringan tubuh termasuk otak.

Fungsi otak dapat meningkatkan bila kebutuhan oksigen terpenuhi dengan baik, termasuk dalam mengoptimalkan kemampuan pemahaman dan konsentrasi seseorang.

3. Menghindari Osteoporosis

Udang memiliki berbagai kandungan mineral yang butuhkan bagi tubuh, dari kandungan fosfor, kalsium hingga kalium.

Manfaat Udang: Seafood Lezat Cerdaskan Otak .

Kandungan kalsium dan fosfor sendri berfungsi untuk menghindari penurunan atas kualitas, massa serta kekuatan tulang. Kehilangan kualitas tulang sendri menjadi gejala awal dari osteoporosis.

4. Menghindari Anemia

Hewan laut ini memiliki kandungan yang penting dalam mencegah anemia pada tubuh. Kandungan zat besi serta vitamin B12 yang terkandung dalam udang mampu membantu pembentukan sel darah merah.

Dengan memenuhi kebutuhan zat besi bagi tubuh dan dorong dengan vitamin yang dapat membantu proses pembentukan sel darah merah, maka kamu tidak perlu khawatir akan terkena anemia.

5. Menghindari Gondok dan Kemandulan

Yodium yang terkandung dalam udang memiliki fungsi yang penting dalam memenuhi nutrisi tubuh.

Zat ini hanya dapat peroleh dengan mengonsumsi makanan, tubuh sangat membutuhkan asupan yodium yang cukup untuk  mendukung kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon.

Bila kamu tidak mendapatkan asupan yodium yang cukup, maka akan ada resiko penyakit gondok dan ketidaksuburan. Bahkan bisa memicu penyakit kronis lainnya.

Dengan mengonsumsi udang secara rutin dan dalam jumlah yang wajar, maka kamu bisa memenuhi kebutuhan yodium dengan baik.

waw ternyata udang itu hewan yang sangat baik ya untuk kesehatan kita hmmm kalau sudah tau gini mimin langsung deh ke pasar , Dan jangan lupa juga untuk membaca artikel lainnya yang sudah kita siapkan untuk pembaca setia dari edno23.com