Mengenal Macam Macam Asuransi yang Tersedia di Indonesia

Mengenal Macam Macam Asuransi yang Tersedia di Indonesia,Tidak ada yang tahu apa yang akan akan menimpa kita di masa depan. Kejadian tak terduga kerap membuat seseorang tidak siap atas segala risiko yang terjadi. Di sinilah fungsi asuransi yang memberikan perlindungan atas risiko atau kerugian yang menimpa pemilik polis. Asuransi dikenal sebagai alternatif investasi yang cukup baik dan mampu meminimalisir risiko atas kejadian tak terduga. Definisi asuransi menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi

yang telah kita rangkum dalam Edno23.com 

yang disupport oleh Deposit IDN Poker Via Dana

Mengenal Macam Macam Asuransi yang Tersedia di Indonesia

(perusahaan asuransi) sebagai penanggung dan masyarakat yang memegang polis sebagai tertanggung. Perjanjian tersebut mewajibkan tertanggung untuk membayar sejumlah premi dalam rangka memberikan penggantian atas segala risiko, kerugian, kerusakan, kematian, serta kehilangan keuntungan, yang dapat terjadi karena peristiwa yang tak terduga. Ada banyak macam-macam asuransi di Indonesia yang dapat dipilih untuk mengalihkan risiko tersebut.

Namun, saking banyaknya macam-macam asuransi di Indonesia, membuat orang kerap bingung untuk membedakan masing-masing manfaat dari tiap produk asuransi. Ketidaktahuan tersebut yang mengakibatkan beberapa orang merasa ‘tertipu’ karena manfaat asuransi yang dirasakan tidak sesuai dengan ekspektasi.

Mengenal Macam Macam Asuransi yang Tersedia di Indonesia

Melalui artikel ini, Qoala akan membahas lebih lanjut mengenai jenis-jenis asuransi dan contohnya, jenis-jenis kontrak asuransi, maupun penjelasannya di Indonesia yang memudahkan kamu dalam memilih produk asuransi yang tepat. Tentunya dengan memilih asuransi yang tepat, kamu bisa merasakan manfaat asuransi dengan lebih baik. Yuk, simak!

Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa
Sumber foto: Africa Studio via Shutterstock

Salah satu macam-macam asuransi yang cukup dikenal oleh masyarakat adalah asuransi jiwa. Asuransi jiwa memberikan keuntungan finansial kepada tertanggung atas kematiannya. Tujuan dan manfaat dari asuransi jiwa adalah untuk memberikan perlindungan terhadap timbulnya kerugian finansial atau hilangnya pendapatan seseorang akibat adanya kematian anggota keluarga tertanggung yang umumnya menjadi sumber nafkah bagi keluarga. Dengan adanya pembayaran dari pihak asuransi, keluarga tetap dapat melangsungkan hidup pasca kematian anggota keluarga.

Asuransi jiwa dapat dibeli untuk kepentingan diri sendiri atas nama tertanggung atau dibeli untuk kepentingan orang ketiga. Sebagai contoh, asuransi ini dapat dibeli oleh seorang suami yang akan memberikan manfaat kepadanya setelah istrinya meninggal. Dapat juga dibeli oleh orang tua yang mengasuransikan diri terhadap kematian anak.

Macam-macam asuransi jiwa ada 5 jenis, yaitu asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, asuransi dwiguna, asuransi murni, dan asuransi unit link. Untuk kamu yang ingin memperoleh manfaat asuransi jiwa terbaik sekaligus berinvestasi, kamu dapat memilih asuransi unit link.

Jadi, pastikan kamu mengetahui berbagai asuransi jiwa terbaik di Indonesia dan pilihan produknya sebelum membeli, ya.

Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan
Sumber foto: REDPIXEL.PL via Shutterstock

Macam-macam asuransi selanjutnya adalah asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang memberikan pertanggungan atas suatu penyakit serta menanggung biaya kesehatan, seperti proses pengobatan dan perawatan.

Beberapa kondisi dan penyakit yang umumnya ditanggung dan mendapatkan penggantian melalui klaim asuransi meliputi cacat, sakit, cedera, cacat tetap, hingga kematian karena kecelakaan. Meskipun kamu telah memiliki BPJS Kesehatan, namun asuransi kesehatan tetap dibutuhkan untuk meng-cover risiko dan memberikan benefit lain.

Jenis-jenis asuransi kesehatan antara lain asuransi rawat inap, asuransi rawat jalan, asuransi personal, asuransi kelompok, asuransi swasta, dan asuransi pemerintah. Masing-masing memiliki manfaat serta tujuan yang berbeda, kamu dapat memilih salah satu dari macam-macam asuransi kesehatan tersebut.

Di bawah asuransi kesehatan, juga terdapat asuransi penyakit tropis yang fokus cakupan perlindungannya meliputi asuransi penyakit demam berdarah dengue (DBD), malaria, dan lain sebagainya.

Ada pula asuransi penyakit kritis yang melindungi risiko penyakit berat atau kronis, seperti kanker, jantung, stroke, dan lain sebagainya.

Asuransi Santunan Tunai Harian

Asuransi Santunan Tunai Harian atau Hospital Cash Plan HCP
Sumber foto: PixieMe via Shutterstock

Asuransi ini juga dikenal sebagai HCP atau Hospital Cash Plan. Asuransi santunan tunai harian merupakan asuransi pelengkap atau tambahan dari asuransi kesehatan yang sudah dimiliki. Sebagai contoh, kamu sudah memiliki asuransi kesehatan dari kantor atau sudah menjadi peserta BPJS, namun jika ingin memiliki tambahan perlindungan, kamu dapat membeli premi asuransi santunan tunai harian.

Dengan asuransi tersebut, kamu bisa mendapatkan benefit yang tidak di-cover oleh asuransi sebelumnya seperti membeli obat tambahan, konsultasi ke dokter spesialis, atau dapat juga dijadikan sebagai pengganti penghasilan selama tidak bekerja karena dirawat di rumah sakit.

Asuransi Mobil

Asuransi Kendaraan Mobil
Sumber foto: BLACKWHITEPAILYN via Shutterstock

Saat ini sudah banyak orang yang ‘melek’ asuransi mobil, mengingat biaya yang dikeluarkan akan sangat banyak jika mengalami kejadian tidak terduga saat berkendara. Manfaat dari suransi mobil memberikan perlindungan atas segala risiko dan kerugian yang diakibatkan oleh kecelakaan, kerusakan, maupun kehilangan mobil.

Berikut jenis-jenis asuransi mobil dan penjelasannya, yaitu:

1. Asuransi All Risk

Asuransi All Risk adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan atas semua kerusakan mobil.

2. Asuransi Total Loss Only (TLO)

TLO atau Total Loss Only yang memberikan ganti rugi jika terjadi kerusakan lebih dari 75% dari harga mobil.

Asuransi Motor

Macam-macam Asuransi, Salah Satunya adalah Asuransi Motor
Sumber foto: thodonal88 via Shutterstock

Sama seperti asuransi mobil, asuransi motor juga memberikan proteksi atas risiko selama pemegang polis berkendara di jalan dengan menggunakan motor. Mengingat tingginya angka kecelakaan lalu lintas, maka animo masyarakat terhadap asuransi motor cukup tinggi. Terlebih bagi mereka yang membeli motor dengan harga dan spek yang tinggi.

Asuransi Smartphone

Asuransi Smartphone atau Gadget HP Handphone
Sumber foto: Andrey_Popov via Shutterstock

Tingginya ketergantungan masyarakat terhadap gadget, membuat perusahaan asuransi menerbitkan produk baru yaitu asuransi smartphone. Asuransi ini memberikan proteksi atau perlindungan bagi smartphone dari berbagai risiko yang mungkin terjadi, seperti layar retak, layar pecah, hingga kerusakan unit secara menyeluruh.

Salah satu produk asuransi smartphone yang dapat kamu beli adalah asuransi yang ditawarkan oleh Qoala App. Macam-macam asuransi tersebut dan manfaatnya terdiri dari 2 jenis:

1. Asuransi Full Protection

Asuransi full protection merupakan jenis asuransi handphone yang melindungi smartphone dari risiko terjatuh atau terkena cairan.

2. Asuransi Screen Protection

screen protection adalah jenis asuransi untuk HP yang melindungi smartphone dari layar retak yang terjadi akibat ketidaksengajaan.

Asuransi Properti

Asuransi Rumah dan Properti
Sumber foto: This Is Me via Shutterstock

Selain mobil, aset lain yang nilainya sangat tinggi adalah rumah. Rumah atau properti merupakan aset berharga yang membutuhkan perlindungan. Salah satunya adalah dengan membeli asuransi properti. Asuransi properti dapat melindungi rumah dari segala risiko seperti kerusakan, banjir, kebakaran, dan lain sebagainya. Selain itu, asuransi properti juga dapat memberikan proteksi jika terjadi pencurian atau kehilangan barang berharga di dalam rumah.

Mengenal Macam Macam Asuransi yang Tersedia di Indonesia

Asuransi properti tak hanya dikhususkan untuk rumah pribadi saja, melainkan dapat juga meng-cover bangunan lain seperti gedung, kantor, serta gudang yang memiliki nilai investasi tinggi. Secara umum, asuransi properti terdiri dari 2 jenis, yaitu asuransi rumah dan asuransi bisnis. Asuransi rumah menanggung risiko kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, serta asap. Sedangkan asuransi bisnis meng-cover segala kerusakan kantor, mall, toko, serta pabrik.

Asuransi Pendidikan

Macam-macam Asuransi, Salah Satunya adalah Asuransi Dana Pendidikan
Sumber foto: smolaw via Shutterstock

Macam-macam asuransi yang lain adalah asuransi pendidikan. Jenis asuransi ini merupakan asuransi yang paling banyak digunakan oleh para nasabah. Karena asuransi pendidikan merupakan alternatif terbaik serta solusi dalam menjamin kehidupan yang lebih baik dalam hal aset pendidikan anak.

Mengenal Macam Macam Asuransi yang Tersedia di Indonesia

Mengingat tingginya biaya pendidikan saat ini, banyak orang tua yang terbebani dengan angka tersebut. Ditambah lagi dengan adanya kenaikan sebesar 10-15% per tahunnya, membuat orang tua lebih memilih untuk membeli produk asuransi pendidikan dalam rangka mempersiapkan masa depan anak. Biaya premi yang harus dibayarkan per bulan berbeda-beda, tergantung dari tingkat pendidikan yang ingin didapatkan.

Namun perlu digarisbawahi bahwa asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan merupakan dua hal yang berbeda. Asuransi pendidikan merupakan produk asuransi yang disertai dengan investasi. Sedangkan tabungan pendidikan merupakan tabungan dengan jangka waktu dan bunga tertentu, serta dapat dicairkan dalam beberapa produk sesuai perjanjian. Asuransi pendidikan memiliki risiko yang lebih besar ketimbang tabungan pendidikan, karena terdapat nilai investasi di dalamnya.

Asuransi Bisnis

Asuransi Bisnis
Sumber foto: Billion Photos via Shutterstock

Asuransi bisnis merupakan asuransi yang memberikan perlindungan atau proteksi terhadap segala kerusakan, kehilangan, serta kerugian dalam jumlah besar yang terjadi pada bisnis seseorang. Kerugian tersebut dapat disebabkan oleh ledakan, gempa bumi, kebakaran, petir, banjir, angin ribut, hujan, tabrakan, serta kerusuhan.

Mengenal Macam Macam Asuransi yang Tersedia di Indonesia

Umumnya, perusahaan asuransi menawarkan berbagai macam manfaat asuransi bisnis seperti perlindungan investasi dan bisnis, perlindungan terhadap karyawan sebagai aset bisnis, asuransi jiwa menyeluruh untuk seluruh karyawan, atau paket asuransi kesehatan karyawan.

Itulah macam-macam asuransi yang tersedia di Indonesia. Kamu dapat memilih produk asuransi sesuai dengan kebutuhan demi meminimalisir risiko atau kerugian yang mungkin terjadi akibat hal yang tidak terduga. Jangan lupa untuk memilih perusahaan asuransi dengan produk yang kredibel terpercaya untuk mendapatkan perlindungan maksimal. edno23 mendapatkan produk asuransi sesuai kebutuhanmu, yuk!