Pengertian dan Keuntungan Menjalankan Bisnis Franchise

Pengertian dan Keuntungan Menjalankan Bisnis Franchise – Model bisnis franchise juga sangat digemari banyak orang karena kelebihannya dalam sistem pemasaran yang lebih baik. Kamu yang menjalankan sistem bisnis ini berpotensi untuk mendapatkan untuk lebih besar apabila brand yang kamu gunakan sudah memiliki nama besar di mata masyarakat. Tentunya, ada sedikit pengorbanan yang harus kamu lakukan. yang telah kita rangkum dalam edno23.com

Franchise ini pun sudah banyak dijalani oleh pebisnis Indonesia bahkan yang masih dalam skala UMKM. Bisnisnya pun tidak selalu makanan. Beberapa brand jasa pengantaran juga sudah membuka franchise untuk melebarkan sayap bisnisnya.

Pengertian Franchise

Pengertian Franchise (Foto: Shutterstock) 

Dalam bahasa Indonesia, franchise ini disebut dengan bisnis waralaba yang dijalankan oleh pihak berbeda dengan brand sama. Ciri khas dari satu brand harus dipakai di sebuah cabang frenchise lain, termasuk warna, logo, dan produk yang dipasarkannya.

Hukum di Indonesia juga sudah mengatur bisnis franchise ini sebagai sebuah ikatan dengan pihak lain yang salah satu pihaknya memberikan hak untuk memanfaatkan hal dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas suatu usaha untuk dimiliki oleh pihak lain. Perjanjian ini memiliki suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan pihak lain tersebut dalam rangka penjualan atau penyediaan barang dan jasa.

Banyak orang mengira usaha waralaba ini hanya khusus untuk merek dagang dari luar negeri. Kamu pasti sering melihat McDonald, KFC, dan Starbucks yang menjadi salah satu waralaba besar dari perusahaan luar negeri. Brand-brand tersebut juga besar di Indonesia dengan ratusan cabang yang dibuka di banyak kota.

Bukan berarti perusahaan asal Indonesia tidak berpotensi menghasilkan banyak keuntungan. Beberapa frenchise dalam negeri juga punya nama besar untuk jadi peluang meraih keuntungan. Sebut saja Tuku, Kulo, dan Sabana yang sudah dikenal oleh khalayak ramai.

Nah, kamu bisa mencoba untuk mempelelajari salah satunya dan mungkin mencoba menjalankan bisnis franchise.

Istilah yang Digunakan Dalam Franchise

Pelajaran tentangSetidaknya ada tiga istilah yang umum yang gunakan saat kamu ingin menjalankan usaha franchise. Berikut beberapa istilah yang perlu kamu ketahui.

1. Franchisor

Istilah pertama yang akan sering muncul adalah franchisor atau pewaralaba. Franchisor adalah badan usaha atau perorangan yang memiliki hak atas sebuah merek dagang dan memberikan manfaatnya untuk gunakan oleh pihak lain.

2. Franchisee

Istilah ini gunakan untuk menentukan orang atau badan hukum yang menerima manfaat dari waralaba dari franchisor. Franchisee berhak menggunakan segala kekayaan intelektual yang miliki oleh pewaralaba.

3. Franchise Fee

Seperti istilahnya, franchise fee adalah sejumlah biaya yang harus bayarkan oleh frenchisee kepada franchisor sebelum membuka sebuah waralaba. Biaya tersebut untuk membayar lisensi dan hal atas penggunaan merek dagang dan kekayaan intelektual lainnya selama jangka waktu perjanjian waralaba.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuka Franchise
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuka Franchise (Foto: Shutterstock)

Biarpun sebenarnya menguntungkan, menjalankan usaha franchise ini juga punya tantangan yang besar. Untuk itu, perlu ada beberapa hal yang diperhatikan sebelum menjalankanya.

1. Kesiapan Dana

Jujur saja, bisnis franchise ini terhitung relatif mahal apabila bandingkan dengan usaha yang kamu rintis sendiri dari nol. Karena itulah, kamu perlu menyiapkan modal usaha yang lumayan besar sebelum memutuskan membeli sebuah merek dagang dari orang lain.

Banyak pengusaha waralaba gagal karena kurangnya kesiapan dana saat memulainya. Kamu memang akan tetap dapat dukungan dari franchisor, tapi tetap perlu menyiapkan uang operasional hariannya untuk menjalankan usaha.

2. Konsep Franchise

Beda merek dagang, berbeda pula konsep yang jalaninya. Hal ini akan berhubungan dengan pembagian keuntungan dan sistem-sistem lain dalam kontrak kerja samanya. Untuk itu, kamu perlu pelajari benar konsep waralaba yang mau kamu ambil sebelum memutuskan untuk membelinya.

3. Mengetahui SOP

Standar Operasional Prosedur (SOP) pasti miliki oleh setiap pemegang merek dagang. Kamu perlu memerhatikan benar semua hal yang tertulis dalam sana. Penerapan SOP yang tepat akan membut kmu benar-benar layaknya perusahaan waralaba yang cakap.

4. Lokasi yang Strategis

Posisi menentukan prestasi ada benarnya dunia bisnis. Semakin bagus lokasi tempat usaha kamu berdiri, semakin besar juga peluang kamu datangi oleh pembeli. Namun, penentuan lokasi juga harus sesuai dengan bisnis usaha yang kamu jalanin

Jenis bisnis minuman dingin akan lebih cocok di kawasan perumahan. Sisi lain, restoran dengan level premium pastinya lebih cocok  dirikan kawasan perkantoran.

5. Pilih Franchise yang Sesuai

Sesuai dalam berbagai hal tentunya. Sesuai dengan keuangan yang kamu punya sekaligus sesuai dengan passion yang kamu miliki. Ambil contoh, kamu membeli sebuah franchise produk makanan siap saji, tapi kamu sebenarnya menjalankan gaya hidup sehat. Dijamin, usaha kamu akan sulit berkembang karena kamu tidak bisa merasakan langsung produk yang kamu miliki.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Franchise

Keuntungan Menjalankan Bisnis Franchise (Foto: Shutterstock) 
Keuntungan Menjalankan Bisnis Franchise (Foto: Shutterstock)

Tentunya ada bermacam keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari bisnis waralaba ini. Simak semuanya di bawah ini!

1. Bisnis yang sudah terbangun

Kamu tidak lagi merintis bisnis dari nol, tapi sudah menjalankan bisnis yang terbangun sejak lama. Hal ini akan mempermudah kamu dalam memasarkan produk yang miliki

2. Merek yang sudak dikenal

Beruntung jika kamu membeli sebuah merek dagang besar. Kamu hanya perlu bilang namanya atau menunya saja orang pasti sudah akan tahu.

3. Dapat dukungan

Karena kamu akan jadi jaringan dari usaha yang besar itu, kantor pusat akan mendukung kamu dalam menjalankan usaha. Hal ini yang akan buat bisnis kamu berkembang lebih cepat juga.

4. Sistem yang baik

Untuk perusahan yang besar, mereka pasti sudah punya sistem yang baik, khususnya dalam urusan finansial. Hal ini akan memudahkan kamu dalam membuat pembukuan keuangan tanpa menyewa audtor eksternal.

5. Peluang cuan lebih besar

Bisnis franchise menjanjikan keuntungan yang lebih besar dalam tempo yang singkat. Kamu akan bekerja sama dengan franchisee lain untuk membesarkan nama merek dagang dan mencapai tujuan tersebut.

Nah, apa kamu tertarik untuk menjalankan usaha franchise juga sekarang? Tidak ada salahnya mengumpulkan proposal dari berbagai brand dan mulai mempelajarinya. Semoga berhasil!. Jika artikel ini menarik jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yang sudah kita siapkan untuk anda . semoga artikel yang sudah kita sajikan dapat bermanfaat