Teks Laporan Hasil Observasi Singkat yang Baik

Teks Laporan Hasil Observasi Singkat yang Baik ,Teks laporan hasil observasi secara umum memiliki bentuk yang hampir sama dengan teks deskripsi. Hal itu dikarenakan kedua teks tersebut memiliki isi yang sama yaitu untuk menyampaikan sebuah informasi berdasarkan fakta yang ada. yang dirangkum dalam edno23

yang disupport oleh Club388 Deposit Pulsa

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat

unsplash.com

Meski begitu ada perbedaan yang cukup terlihat antara teks laporan hasil pengamatan dengan teks deskripsi. Yaitu terletak pada sifat yang dimilikinya. Dimana untuk teks laporan memiliki sifat yang lebih umum, sedangkan teks deskripsi memiliki sifat yang lebih khas dan unik.

Mengenal Pengertian, Struktur dan Kaidah Kebahasaan dari Teks Laporan Hasil Observasi

Pengertian dari teks laporan dari hasil observasi adalah sebuah teks yang berisi laporan sebuah penelitian yang dijelaskan secara terperinci dengan menggunakan kriteria tertentu. Oleh sebab itulah teks ini juga disebut teks klasifikasi. Menurut sifatnya, teks laporan memiliki sifat faktual atau sesuai dengan fakta yang ada pada saat itu.

 1. Tujuan penulisan teks laporan

Adapun tujuan dari penulisan Teks laporan hasil observasi yang dilakukan diantaranya adalah untuk menemukan metode baru, menemukan solusi dari sebuah permasalahan, bisa membantu pengambilan keputusan, mengawasi dan mengetahui apakah ada perkembangan pada masalah yang dihadapi.

Sedangkan fungsi dibuatnya teks laporan adalah untuk menjadi sumber informasi yang paling akurat, dokumentasi penelitian dan untuk menjadi dasar pengambilan keputusan yang dilakukan.

2. Struktur teks laporan hasil penelitian

Untuk laporan hasil penelitian dibuat dengan menggunakan 3 struktur yang tercantum di dalamnya. Yaitu terdiri dari struktur pernyataan umum yang berisi penjelasan umum mengenai apa yang menjadi objek penelitian.

Struktur yang kedua adalah struktur deskripsi bagian. Pada struktur ini penjelasan umum akan dijelaskan secara terperinci dan detail. Kemudian struktur yang terakhir adalah simpulan. Pada bagian ini berisi rangkuman dari laporan hasil penelitian yang sudah dilakukan.

3. Kaidah kebahasaan

Dalam penyusunan teks laporan hasil penelitian dilakukan dengan mengacu pada kaidah kebahasaan yang ada di bahasa Indonesia secara baku. Diantaranya adalah sebagai berikut; menggunakan kata relasional. Yaitu sebuah kata yang menunjukkan kata penghubung dengan penjelasan yang mengikutinya.

Kaidah kebahasaan berikutnya adalah bahwa dalam penyusunan teks laporan banyak menggunakan kata teknis dan keilmuwanan serta menggunakan verba aktif alam.

 4. Jenis teks laporan hasil penelitian

Menurut hasilnya, Teks laporan hasil observasi dibagi ke dalam dua jenis. Yang pertama adalah jenis laporan observasi formal. Untuk jenis laporan penelitian ini disusun dengan menggunakan kaidah tata bahasa Indonesia yang baku khususnya dalam pembuatan laporan.

Sedangkan untuk jenis yang kedua adalah jenis laporan observasi non formal. Untuk jenis laporan ini proses penyusunannya lebih sederhana strukturnya dan mayoritas ditulis dengan metode populer.

Ketahui Langkah Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Setelah Kita mengenal apa yang disebut dengan teks laporan, berikutnya adalah mengetahui bagaimana cara membuat teks laporan hasil penelitian dengan baik dan benar. Berikut akan Kita ulas langkahnya hanya untuk Anda.

Langkah yang pertama adalah membuat judul laporan penelitian yang Anda lakukan. Laporan penelitian berfungsi untuk memberitahukan pada pembaca tentang isi laporan yang sedang dibacanya. Buat judul laporan yang berkaitan dengan penelitian yang sudah dilakukan.

Langkah yang kedua adalah untuk menyusun kerangka teks dalam teks laporan hasil penelitian sesuai dengan struktur yang harus ada. Dimana ada penjelasan umum, laporan penelitian secara terperinci dan simpulan hasil penelitian yang dilakukan.

Ketahui Langkah Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Langkah yang ketiga adalah untuk menyusun Teks laporan hasil observasi sesuai dengan tata bahasa dan kaidah kebahasaan yang berlaku dalam bahasa Indonesia. Umumnya hal ini sangat diperhatikan jika Anda menyusun teks laporan yang akan digunakan untuk kepentingan pemerintah atau politik.

Langkah yang terakhir adalah untuk melakukan proses editing. Dalam langkah ini hal yang perlu dilakukan melakukan penelaahan kembali isi teks laporan hasil penelitian untuk meninjau apakah ada kekurangan atau kesalahan yang terjadi selama penyusunan teks laporan.

Itulah beberapa langkah untuk menyusun teks laporan hasil penelitian yang dilakukan baik secara formal ataupun non formal. Sedangkan kriteria sebuah teks laporan hasil penelitian disebut bagus dimana teks tersebut memiliki struktur yang urut dan lengkap. Susunan struktur yang urut dan lengkap bisa dilihat dari gaya bahasa dan cara penyusunan apakah bisa dengan mudah dipahami oleh pembaca atau tidak.

Jika Anda menulis teks laporan secara non formal maka penyusunan bisa dilakukan dengan lebih sederhana. Selain itu perlu diingat bahwa penulisan laporan hasil penelitian tersebut harus bisa dibaca dan dipahami oleh seluruh kalangan pembaca tanpa kecuali.

Kriteria yang berikutnya adalah dimana dalam penyusunan struktur teks tak memiliki kesimpulan atau penutup. Dalam teks laporan hasil penelitian tak dicantumkan simpulan atau pendapat dari penulis laporan. Teks laporan tak berisi opini atau pendapat dari penulis.

Setiap laporan yang ditulis harus sesuai dengan fakta yang sebenarnya, ditulis secara objektif dan tidak dibuat-buat. Secara keseluruhan isi laporan harus bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya secara ilmiah dengan menggunakan metode penelitian yang dilakukan.

Dan kriteria teks laporan terakhir adalah bahwa dalam teks laporan menjelaskan hasil penelitian sesuai dengan fakta yang ada.

Lalu adakah ciri khusus dari teks laporan hasil penelitian? Tentu saja ada. Ciri khusus dari teks laporan hasil penelitian adalah sebagai berikut.

Teks memiliki sifat objektif

Dalam hal ini, Teks laporan hasil observasi memiliki sifat objektif yang mana penulis laporan tak dibenarkan untuk memihak pada salah satu pihak tertentu saja. Namun harus bisa memberikan laporan sesuai dengan fakta hasil penelitian yang dilakukannya.

Teks laporan sesuai dengan hasil penelitian yang faktual

Bahwa penulis atau peneliti harus bisa melaporkan hasil penelitian yang dilakukannya dengan baik dan benar. Penulis tak boleh menuliskan laporan hanya berdasarkan perkiraan, karangan apalagi khayalan atau imajinasi semata.

Teks bersifat khusus

Teks laporan hasil penelitian disusun dengan memberikan penjelasan umum yang bersifat khusus. Hal-hal yang dijelaskan dalam teks laporan dilakukan dengan lebih terperinci. Dan terhindar dari menjelaskan hal yang ada di luar bahasan penelitian yang dilakukan.

Teks disajikan dengan lengkap

Selanjutnya Ciri berikutnya adalah teks hasil bahkan dari pada itu penelitian disajikan dengan lengkap serta urut. Penulis harus bisa melaporkan hasil faktanya penelitian sesuai dengan langkah dan metode yang ada dalam penelitian yang dilakukannya. selain itu /Bahwa setiap bagian penelitian apalagi  harus bisa dilaporkan dengan gamblang sehingga bisa diketahui penelitian dilakukan serta  dengan baik dan benar atau tidak.

Bahasa yang mudah dipahami

Dan ciri yang terakhir dan  salin itu dari teks laporan hasil penelitian adalah menggunakan bahasa yang baik dan benar serta mudah untuk dipahami oleh pembaca teks laporan hasil penelitian. Demikian ulasan lengkap tentang teks laporan hasil observasi. Semoga bermanfaat dan menambah informasi baru untuk Anda.